Aneka macam kesemutan dan bagaimana cara mengatasinya ?

Kesemutan adalah keluhan yang sering terjadi selama praktek alternative dan komplementer dalam bentuk bekam, akupuntur dan herbal.

Aneka macam kesemutan, tetapi yang sering saya temui diklinik diantaranya adalah satu di bawah ini:

1. Kesemutan ujung tangan saja.
Kesemutan jenis ini biasanya secara medis disebabkan oleh jepitan syaraf medianus yang masuk ke terowongan karpal. Hal ini bisa terjadi karena tangan yang satu ini sering digunakan dan jarang di istirahatkan. Biasanya hal ini di dapati pada orang yang profesinya memang bekerja dengan menggunkan satu tangan misalnya: tukang masak untuk membuat sayur dan sambal. Atau profesi lainnya.

Bagaimana solusinya kalau sudah terjadi jepitan seperti ini? Saya anjurkan selalu direndam air hangat di daerah pergelangan tangannya, dengan air hangat selama 10 menit. Kemudian istirahatkan tangan anda dengan mengurangi beban kerja tangan tersebut.

Terapi yang bagus untuk kasus ini adalah dengan Akupuntur. Ambil titik TE 5, TE 4, LI 4, PC 8 DAN LI 11. Bisa ditambahkan titik BAXIE

Terapi herbal yang dianjurkan adalah : PEGAGAN , DAUN DEWA ATAU GAMAT

2. Kesemutan kedua lengan dan tangan
Kesemutan tipe ini biasanya disebabkan oleh gangguan sistemik, bukan gangguan meridian saja. Gangguan sistemik ini terkait dengan gangguan yang terjadi pada komponen darah misalnya naiknya kolesterol atau asam urat serta gula darah. Disebabkan naiknya ketiga sesuatu yang saya sebutkan ini membuat viskositas / kekentalan darahnya menjadi meningkat sehingga membuat jalannya menjadi lambat dan terhambat.

Maka solusinya adalah dengan mengubah gaya hidup sehingga membuat kolesterol dan yang lainnya akan turun jadi normal.

Solusi dari keadaan ini jika pasien adalah mengalami sindrom panas ekses maka dilakukan BEKAM BASAH setiap 2 minggu sekali . Jika sebaliknya maka diterapi dengan akupuntur pada kedua lengannya dengan mengambil titik LI 11, TE 5 dan LI 4

3. Kesemutan semua anggota gerak ( kedua tangan dan kedua kaki )
Untuk kasus ini hamper sama kemungkinannya dengan nomor 2 karena melibatkan ke empat anggota gerak. Yaitu terkait dengan penyakit yang membuat komponen yang terlarut dalam darah meningkat. Maka perbaikan gaya hidup dan pola makan menjadi hal yang utama.

Terapi tergantung dengan sindrom yang di dapatkan. Untuk akupuntur yang lengan atas dan bawah titik sama dengan nomor 2 , sedangkan untuk kaki bisa di ambil ST 36, SP 6 DAN LIV 3

4. Kesemutan di bagian lengan atas sampai bawah satu sisi saja
Untuk kasus ini sebagian besar kemungkinannya adalah gangguan meridian. Maka terapinya lebih baik menggunakan akupuntur dengan mengambil titik LI 11, TE 5, LI 14, LI 4 DAN TE 14

5. Kesemutan di bagian tungkai atas dan bawah satu sisi.
Untuk keluhan satu sisi tetap dominan kearah gangguan meridian. Kasus ini bisa dimungkinkan karena dislokasi tulang panggul. Maka harus ditanya adakah riwayat jatuh sebelumnya ke pasien. Jika ada maka terapinya dengan yumeiho atau chiropraktik.

Untuk keluhan meridian tergantung dari meredan yang terkena. Jika meridian GB maka bisa diambil : GB 30, 31, 34 DAN 39. Jika meridian limpa maka bisa diambil SP 6, 10, dan SP 8. Dan meridian yang lainnya menyesuaikan saja.

Untuk keluhan meridian herbal yang cenderung sering digunakan adalah PEGAGAN

6. Kesemutan separoh badan
Kesemutan separoh badan biasa terjadi karena pasca stroke atau kelainan dislokasi tulang belakang pada area cervic atau leher.

Jika karena stroke maka bisa di atasi dengan herbal, akupuntur dan bekam tergantung diagnose sindromnya apa.

Jika dislokasi cervic maka dengan chiropractic atau yumeiho kepada yang ahli….

Inilah berbagai kasus kesemutan yang sering dijumpai di klinik, semoga bisa dapat memberikan informasi tentang gejala ini dan terapi yang tepat dari berbagai macam kesemutan. So…tidak setiap kesemutan mesti di bekam.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *