Apa Beda Bekam Basah, Bekam Kering, dan Bekam Api?

::yarobbi.com:: Bekam memiliki beberapa teknik penerapan yang ada seni dan tujuannya masing-masing. Bekam Sinergi menggunakan tiga seni penerapan bekam, yaitu bekam basah, bekam kering, dan bekam Api. Lalu, kapan digunakan macam-macam teknik bekam itu?

Pelatihan bekam sinergi metode bekam basah dengan teknik sayatan

Prinsip dasar bekam
Perbedaan bekam basah, Bekam KEring, dan Bekam Api dapat kita lihat pada uraian di bawah ini=

    A. Bekam Basah, akan mengeluarkan Angin, Panas, Darah. Maka bekam basah ini tidak boleh dilakukan pada orang yang punya/ tergolong sindrom Han (dingin). Lebih detailnya, Bekam basah adalah teknik sedasi/pelemahan dan pengeluaran pathogen yang berlebih/ekses. Unsur yang dikeluarkan dalam bekam basah adalah: Qi/energi, Xue/darah, Angin, panas dan Api. Teknik ini sangat bagus untuk menangani sindrom Shi/ Kuat, Re/Panas Ekses dan Sindrom Yang.
    BBekam Kering akan mengeluarkan angin dan panas. Sangat bagus untuk orang yang terkena sindrom panas tetapi mengalami defisiensi darah dan cairan. Atau secara rinci dikatakan bahwa Bekam Kering adalah teknik sedasi/pelemahan dan pengeluaran pathogen yang berlebih/ekses. Unsur yang dikeluarkan dalam bekam kering adalah: Qi/energi, angin, panas dan Api. Teknik ini sangat bagus untuk menangani sindrom Shi/ Kuat, Re/Panas tipe Defisien dan Sindrom Yang.

    Variasi teknik bekam kering bekam tarik dan bekam luncur

    Variasi penggunaan bekam kering bisa juga dengan melakukan bekam luncur ataupun bekam tarik. Bekam luncur artinya alat kop bekam dikopkan (pengekopan dengan kekuatan sedang) pada area tertentu dalam tubuh yang sudah diberi minyak atau esensial oil. Setelah itu, kop tersebut diseluncurkan ke depan belakang, ke kanan kiri, atau menyesuaikan area yang di kop luncur. Bekam luncur sangat dianjurkan saat awal-awal proses bekam supaya menarik qi dan xu (peredaran darah lebih lancar) serta membuat efek relaks di area yang mau dibekam.

    Lalu bekam tarik. Bekam tarik biasanya digunakan saat membekam area wajah. Tujuannya agar proses bekam tidak meninggalkan bekas berwarna gelap di wajah. Cara penggunaan bekam tarik yaitu terapis mengekopkan secara ringan di area wajah yang mau dibekam. Biasanya menggunakan selang bekam dan kop bekam yang kecil-kecil.

    Terapis melakukan pengekopan ringan pada area tertentu, dengan sedotan angin yang ringan saja, setelah dirasa sudah terkop sedikit, tarik kop itu tanpa membuka tuas pembuang anginnya. Pasang, tarik, pasang, tarik, secukupnya. Biasanya bekas kop hanya terlihat sedikit memerah.

    C.Bekam Api akan mengeluarkan angin dan dingin. Bekam api tidak boleh dilakukan orang yang terkena angin panas/ sindrom panas dan kering atau Re. Bekam Api juga merupakan teknik sedasi/pelemahan dan pengeluaran pathogen yang berlebih/ekses. Unsur yang dikeluarkan dalam bekam api adalah: Qi/energi, angin, dingin dan lembab. Teknik ini sangat bagus untuk menangani sindrom Shi/Kuat, Dingin, lembab, Sindrom Yang dan Sindrom Yin.

Lebih detail mengenai pemanfaatan bekam dalam kriteria sindrom sudah kami bahas dalam artikel mengenal sindrom dalam bekam sinergi, penerapan teknik bekam sinergi pada kasus sindrom permukaan, serta dalam kelas training bekam sinergi. Semoga uraian singkat perbedaan bekam basah, bekam kering, dan bekam api pada kesempatan ini bisa menginspirasi anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *