Bagian Putih Mata Yang Menguning

Assalamu’alaykum.. mau menanyakan bagian putih mata yang menguning itu tandanya apa ya ? Makasih.. (red : maaf nomor pengirim dan redaksi pertanyaan versi lengkapnya terhapus. Semoga tidak mengurangi kelengkapan jawaban dari pertanyaan yang dimaksud pengirim)

Jawab :
Wa’alaikumsalam warohmatullohi wabarokatuhu. Pertama, Kita harus memastikan warna kuning yang timbul itu bukan kuning yang ditimbulkan karena kadar bilirubin dalam darah meninggi, kondisi yang dikenal dengan istilah sakit kuning, yang juga biasanya juga disertai keluhan kuning di bagian tubuh yang lain, tubuh terasa lemah, selera makan turun, perut bagian atas nyeri, dll. Jika kondisi ini yang ditemui, harus ditangani dengan segera.

Warna yang timbul pada bagian putih mata (sklera) berhubungan dengan kondisi hati dan paru. Jika sklera tidak seputih cemerlang seperti sediakala, biasanya dapat disebabkan paparan angin, debu, kotoran atau polusi pada mata, kelelahan, kurang tidur. Coba perhatikan orang-orang yang merokok, biasanya skleranya tidak putih cemerlang. Keadaan yang serupa juga dapat ditemui pada pengendara motor jarak jauh, terutama yang tidak menggunakan pelindung mata dan tubuh yang memadai. Jadi, kejernihan sklera dapat diraih dan dijaga dengan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, penggunaan pelindung tubuh yang memadai, juga tindakan membersihkan mata seperti gurah mata, yang higienis dan aman. Wallahu a’lam. (dr Shofi).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *