Bekam Sinergi?

Yarobbi.com | Bekam Sinergi | Bekam Sinergi?

Bekam sinergi?Bekam sinergi merupakan istilah baru dalam dunia pengobatan bekam di Indonesia. Biasanya yang sudah sering kita dengar adalah sebatas bekam basah, bekam kering, bekam luncur, dan bekam api. Kemungkinan baru sekali ini kita mengetahui istilah bekam sinergi.

Bekam sinergi?

apabila ditinjau secara mendalam sebetulnya bukanlah konsep yang baru. Beberapa praktisi pengobatan tradisional sebenarnya telah menggunakan dalam praktek sehari-harinya. Secara sederhananya, apabila pembaca yang budiman telah menggunakan konsep berpikir sejalan dengan yang kami susun dalam buku BEKAM SINERGI, berarti Anda telah menggunakannya.

 Lalu, apa sebenarnya bekam sinergi?

Sebelum membahas konsep bekam sinergi lebih mendalam, alangkah baiknya apabila kita terlebih dahulu menyamakan persepsi mengenai definisi bekam. Ada beberapa definisi mengenai bekam yang satu definisi dengan lainnya saling melengkapi. Definisi-definisi tersebut yaitu:

  • Wikipedia Indonesia mendefinisikan bekam atau hijamah adalah teknik pengobatan dengan jalan membuang darah kotor (racun yang berbahaya) dari dalam tubuh melalui permukaan kulit. Perkataan Al Hijamah berasal dari istilah Bahasa Arab Hijama yang berarti pelepasan darah kotor. Sedangkan dalam Bahasa Inggris disebut dengan cupping, dan dalam bahasa melayu dikenal dengan istilah bekam. Di Indonesia dikenal pula dengan istilah kop atau cantuk (http://id.wikipedia.org/wiki/Bekam).
  • Penelope Oddy menyatakan bahwa bekam adalah sebuah metode penanganan penyakit yang melibatkan penarikan Qi (Energi)[1] dan Xue (darah)[2] ke permukaan kulit menggunakan ruang hampa udara (vakum) yang tercipta di dalam mangkuk seperti gelas atau bambu.
  • Ustadz Kathur Suhardi menjelaskan bahwa bekam merupakan metode pengobatan dengan penyedotan kulit di bagian-bagian tertentu untuk mengeluarkan racun dan oxidant dalam tubuh melalui torehan tipis yang mengenai pembuluh darah kapiler pada epidermis.
  • Dokter Wada A Umar dalam bukunya “Sembuh dengan satu titik” mengatakan bahwa bekam adalah suatu metode pengobatan dengan metode tabung atau gelas yang ditelungkupkan pada permukaan kulit agar menimbulkan bendungan lokal. Terjadinya bendungan lokal disebabkan oleh tekanan negatif di dalam tabung yang sebelumnya benda-benda dibakar dan dimasukkan kedalam tabung agar terjadi pengumpulan darah lokal. Kemudian darah yang telah terkumpul dikeluarkan dari kulit dengan dihisap, dengan tujuan meningkatkan sirkulasi energi Qi dan Xue, menimbulkan efek analgetik, anti bengkak, serta mengusir patogen angin dingin maupun angin lembab.

Sehubungan dengan konsep mengusung sinergi maka definisi Bekam Sinergi adalah Sebuah metode penanganan penyakit yang melibatkan penarikan Qi (Energi) dan Xue (darah) ke permukaan kulit menggunakan ruang hampa udara (vakum) yang tercipta di dalam gelas atau kop dengan mempertimbangkan kekuatan 7 materi dasar[3] dan 6 patogen ekternal[4] yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh.
bekam sinergi?

 Tabel 1.1 Ringkasan definisi-definisi tentang bekam

Bekam sinergi juga bermakna sinergi dalam diagnosa penyakit yang menerapkan sinergi tiga ilmu pengobatan, yaitu Thibbun Nabawi, Tradisional Chinese Medicine (TCM) dan Modern Medicine. Ketiga ilmu Allah ini disinergikan dalam mendiagnosa sebuah penyakit bisa di lakukan terapi bekam atau tidak.

Kalau tataran teknis teknik membekamnya, kurang lebih sama dengan pembekaman yang sudah ada. Bekam sinergi menggunakan teknik bekam basah dengan menggunakan surgical blade[5] untuk menyayayat, bekam kering, bekam luncur dan bekam api. Bekam Sinergi menyakini bahwa bagian yang paling membutuhkan kecermatan saat menangani pasien adalah saat melakukan diagnosa.

A to Z about BekamBekam sinergi menggunakan diagnosa medis sebagai awal memulai dalam menerapkan pengobatan dengan menggunakan bekam, karena masyarakat tahunya adalah diagnosa penyakit menggunakan istilah penyakit medis modern, seperti hipertensi, asma, diabetes, katarak, bronchitis dan lain-lain. Dari diagnosa medis tersebut kemudian dimasukkan dalam penyakit penyakit tipe panas dan dingin menurut para ulama thibbun nabawi dan menurut konsep kedokteran timur.

Selain dalam hal diagnosa, sinergi dengan medis juga kita pakai dalam teknis bekam sinergi yang higienis dan steril[6] dengan memakai panduan dari kedokteran modern. Hal ini kita pakai karena dalam membekam melakukan tindakan bedah minor yang diperlukan perhatian khusus terkait dengan desinfeksi alat dan bahan serta sterilitas dalam membekam.

Bekam Sinergi?

Bekam sinergi, Secara ringkas skema mensinergikan tiga ilmunya, yaitu:
Bekam Sinergi?

         Tabel 1.2. Konsep Bekam Sinergi


[1] Qi adalah: energi yang menggerakkan materi. Energi vital semesta yang fundamental bagi semua aspek kehidupan atau daya hidup. Qi merembes ke seluruh tubuh dan masuk ke saluran-salurannya.
[2] Xue adalah darah, tetapi berbeda dengan konsep darah menurut medis. Orang yang kurang darah menurut TCM belum tentu anemia menurut medis. Tetapi anemia pasti kurang darah menurut TCM.
[3] 7 materi dasar adalah: materi yang menyusun tubuh yang meliputi: Qi, Xue, Jin, Ye, Jing , Yin dan Yang. Lebih detail akan dibahas di BAB berikutnya
[4] 6 pathogen ekternal: penyebab penyakit dari luar tubuh yang meliputi: angin, panas, dingin, kering, lembab dan api. Lebih detail akan dibahas di BAB pathogen.
[5] Surgical Blade: pisau bedah yang dipakai dalam medis untuk melakukan penyayatan. Pisau yang kita pakai adalah pisau dengan nomor 15 dan gagang pisau nomor 3.
[6] Steril yang kami maksud adalah usaha menuju ke arah steril. Karena menurut hemat kami sangat sulit jika sampai steril selain di kamar operasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *