Delima, Kenikmatan Buah Syurga

Yarobbi.com | Bulletin Ash Shihah | Delima, Kenikmatan Buah Syurga

“Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan Maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.”(QS. Al An’am: 99).

Delima, Kenikmatan Buah Syurga

 Buah delima, tentu kita sudah akrab dengan buah yang satu ini. Buah yang biasa kita temui dipekarangan rumah sebagai tanaman hias atau dimanfaatkan buahnya. Delima adalah nama yang popular di Indonesia, namun buah ini juga dikenal dengan beberapa nama lain diantaranya Dalimo (sumatra utara), Dlima (jawa), Dhalima (madura), Pomegranate (inggris), Shi liu (cina) dll. Delima adalah tanaman buah-buahan yang dapat tumbuh hingga 5-8 m. Buah ini berasal dari Asia Selatan bagian utara seperti Afghanistan, Himalaya dan Persia. Dari kawasan ini delima lalu diperkenalkan ke daerah Mediterania, Afrika dan Eropa.
Delima, Kenikmatan Buah Syurga, Pada tahun 1600 SM, delima dibawa ke Mesir dari Syria. Selanjutnya, sejarah mencatat delima dibawa ke Cina sekitar tahun 100 SM. Pada tahun 700 M, delima diperkenalkan ke Roma dan oleh orang-orang Moor, delima dibawa ke Spanyol. Setelah dibudidayakan secara luas di Spanyol, selanjutnya dibawa ke benua Amerika pada abad 16.
Dari Timur Tengah, delima menyebar ke daerah subtropis sampai tropis. Pohon delima dijumpai di negara Balkan, seperti Albania, Montenegro dan Bulgaria. Delima juga banyak ditanam di daerah Cina Selatan dan Asia Tenggara seperti Myanmar, Indonesia dan Malaysia. Menurut catatan sejarah, tanaman delima masuk ke Indonesia pada abad 15 yang dibawa oleh saudagar Timur Tengah.

Delima, Kenikmatan Buah Syurga

Buah delima di kalangan umat Islam menempati posisi yang istimewa, karena merupakan salah satu buah-buahan yang berada di dalam Surga sebagaimana disebutkan di dalam Kitab Suci Al Qur’an, “Di dalam keduanya ada (macam-macam) buah-buahan dan kurma serta delima” (QS. ar Rahman : 68). Ibnu Katsir (w. 774 H/1372 M) mengatakan, “Penyebutan kurma dan delima itu secara khusus karena kemuliannya atas buah-buahan lainnya” (Tafsir Ibnu Katsir Jilid 7, hal. 640). Ibnu ‘abas meriwayatkan dalam sebuah hadits “Masing-masing dari buah delima kalian diserbuki oleh benih delima syurga” .
Delima, Kenikmatan Buah Syurga, Menurut Ibnu qoyyim al-jauziyah delima manis bersifat panas dan basah, berguna untuk perut dan memperkuat perut karena memiliki zat konstipasi ringan delima berguna bagi tenggorokan, dada, paru-paru serta melegakan batuk. Jus delima mereleksasi perut, bergizi, cepat dicerna karena manisnya, dan menghasilkan udara dan panas dalam perut.
Delima asam bersifat dingin dan kering. Jenis delima ini menyebuhkan perut yang berlebihan panasnya dan membantu memproduksi lebih banyak urine dibanding jenis delima yang lainnya. Delima asam juga dapat meredakan penyakit kuning, menghentikan buang air besar akibat obat pencahar, mencegah muntah, menghentikan panas liver, menguatkan organ-organ dan sakit bibir lambung. Sedangkan delima yang rasanya sepat berada ditengah-tengah antara kedua jenis diatas, meskipun jenis ini lebih condong kearah asam.
Harb dan yang lainnya menyebutkan dari Ali r.a, bahwa Ali telah berkata “makanlah delima dan airnya (minyaknya), karena dapat membersihkan lambung.”

Delima, Kenikmatan Buah Syurga

Kandungan buah delima

Delima, Kenikmatan Buah Syurga, Beberapa kandungan penting buah delima menurut USDA Nutrient Database antara lain vitamin B (34%) yang terdiri dari vitamin B1, B2, B3, B5, B6 dan B9, serta vitamin C (17%). Sedangkan kandungan kimia yang cukup penting adalah senyawa flavonoid dan tanin. Sehingga dapat dikatakan buah delima adalah salah satu buah yang merupakan antioksidan yang cukup kuat.
Tanin merupakan polifenol yang berperan memberi warna pada tumbuhan. Salah satu jenis tanin yang terkandung dalam buah delima adalah ellagi-tanin. Selain berfungsi sebagai antioksidan, menurut Prof. G.D. Stoner dari School of Public Health Ohio University, asam elagik mampu mendetoksifikasi karsinogen dan memperlambat laju pembelahan sel kanker. Pada hewan uji, asam elagik mampu mencegah terjadinya kanker sebesar 40%.
Kulit delima mengandung asam tanik atau tannic acid. Asam ini merupakan unsur pengontrol. Unsur ini juga terdapat dalam buahnya. Air buah delima mengandung mentol dan jenis gula lainnya. Dalam 100 g biji delima terkandung 259 mg kalium, 63 kal energi metabolis dan 30 g vitamin c.
Jus buah delima kaya akan unsur-unsur gula dan besi. Kedua unsur ini sangat penting bagi pembentukan sel darah merah. Oleh karena itu, sangat bermanfaat bagi mereka yang kurang darag (anemia). Di Amerika serikat delima diolah menjadi jus kesehatan yang sering disebut Pom Wonderfull. Rasanya segar, kesat, dan manis. Delima yang diolah menjadi minuman kesehatan adalah biji delima yang berwarna merah. Ada dua jenis delima yaitu putih dan merah. Keduanya memilki khasiat obat.
Delima, Kenikmatan Buah Syurga, Menurut American Journal of Clinical Nutrision (2003) seseorang yang minum 200ml/hari jus delima selama satu tahun berturut-turut bakal meningkatkan aktivitas antioksidan sekitar sembilan persen. Zat ini berperan penting mencegah dan mengobati berbagai jenis penyakit degeneraif seperti kanker. (dzakiyah)

Maroji’ Delima, Kenikmatan Buah Syurga

Ibnu Qoyyim Al-Jauziyah. 2010. Praktek Kedokteran Nabi. Jakarta: Al-Hikam Pustaka
Prof. Dr. Abdul Basith Muhammad As-sayyid, 2009. Pola Makan Rosululloh.Jakarta: Almahira
Herba Indonesia Berkhasiat Bukti Ilmiah dan Cara Racik. Volume 8. www.trubus-online.co.id
Delima, Kenikmatan Buah Syurga
Budi Aribowo, Pome, The Special Ones. file:///E:/Klinik Alang-alang Pome, The spesial Ones.htm

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *