Depresi, Sering Kolaps, dan hati Sering gundah

Assalamu’alaykum, Maaf Ibu, konsultasi. Kadang kalo lagi depresi, agak stress, banyak tugas pribadi/tugas kampus juga sering kolab..tetapi disaat itu jg ketemu orang tidak ada beban, padahal dalam hati merasa sangat gundah..maturnuwun.. (085290xxx)

Jawab :
Wa’alaykumsalam warohmatullah.. Sebetulnya stres bisa berarti positif lho.. Stres secara bahasa diartikan sebagai tekanan. Adanya tekanan yang berupa ujian merupakan sarana untuk meningkatkan kualitas diri kita, nah.. stres yang positif ini disebut dengan eustress. Sedangkan stres yang disikapi dengan negatif, nantinya akan menjadi distress dan jika berkelanjutan akan mengarah pada depresi yang sebenarnya kata depresi ini ditujukan untuk orang-orang yang mengalami stres berat dan mengarah pada sakit jiwa.. Jadi, sepertinya saya yakin kalau ukhti tidak depresi.

Hanya saja ukhti perlu membiasakan diri dengan seabrek tugas dan menata jadwal kembali agar tugasnya tidak menumpuk dan bisa selesai tepat waktu. O iya, yang paling penting bukan sekedar menjadwal saja, tetapi juga perlu komitmen dengan jadwal yang sudah kita buat.. Melupakan sejenak tugas/beban kita dengan berkumpul bersama teman memang menyenangkan, jika hal ini dilakukan untuk refreshing itu tidak masalah.. alangkah lebih baiknya sembari ngumpul, ukhti juga sharing dengan teman tentang beban yang sedang ukhti rasakan, siapa tau bisa mendapatkan masukan atau bantuan..

Untuk mengatasi hati yang gundah, penawarnya gampang dan gratis malah.. Cukup dengan rutin sholat malam, tilawah dan memperbanyak dzikir serta menanamkan kata-kata positif seperti “pasti bisa ! semangat !”, insya Allah akan dimudahkan dan diberikan hati serta pikiran yang tenang untuk menyelesaikan semua tanggung jawab kita.. Begitu ya.. Sebagai penutup berikut saya cuplikan pesan Allah dalam QS. Thoha:68, “Janganlah kamu takut, sesungguhnya kamulah yang paling unggul (menang)” ShareRiska::.

Konsultasi lain bisa klik disini atau disitu

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *