Empat Pathogen Yang Saling Berkaitan

Empat Pathogen Yang Saling Berkaitan

Ada sebuah rumus yang saya dapatkan dari Guru saya[1] untuk lebih mudah memahami hubungan antara pathogen yang satu dengan yang lain terutama pathogen Panas, dingin, lembab dan kering.
Rumusnya adalah sbb:

Empat Pathogen Yang Saling Berkaitan

Skema: Hubungan antar 4 pathogen yang selalu kita jumpai

Empat Pathogen Yang Saling Berkaitan

Keterangan:

  1. PK (Panas Kering)
    Panas akan membuat kering atau sebaliknya Kering akan membuat panas. Ketika ada sebuah kondisi tubuh terserang pathogen panas dengan kondisi awal yang masih terlihat cukup cairan tubuhnya maka lama kelamaan akan muncul stadium cairan yang habis karena diuapkan oleh panas.
    Atau saat seorang dengan kondisi tubuh yang kering misalnya pada kasus diare terus menerus tanpa diimbangi dengan asupan cairan yang cukup maka terjadi dehidrasi (kekurangan cairan) sehingga membuat kondisi tubuh kering, saat itulah kering akan memunculkan panas, yang lebih dikenal dengan istilah Yin Xu (panas defisiensi Yin).
  2. PL (Panas Lembab)
    Panas akan menarik lembab, biasanya terjadi pada kasus radang. Ketika awal terjadi radang tubuh akan muncul panas, kemudian dari radang tersebut muncul dahak yang kita katakan ini unsur lembab. Maka fenomena pada radang menunjukkan panas yang akan membuat hawa lembab masuk ke dalam tubuh.  Bisa juga kita temukan dalam kehidupan sehari hari uap air dari sebuah panci air yang kita panaskan maka ketika mendidih akan muncul sebuah gerakan kabut uap yang berasa panas.
    Lembab akan menarik panas. Fenomena ini ada pada sebuah gundukan sampah dedaunan yang awalnya basah lembab, maka lama kelamaan akan memunculkan panas. Kalau secara ilmu kedokteran modern sudah terjadi pembusukan.
  3. LD (Lembab Dingin)
    Lembab akan membuat dingin.ini maksudnya ketika tubuh terserang pathogen lembab, maka Yang tubuh akan terkuras. Sehingga akan membuat kelemahan Yang. Ketika Yang tubuh lemah atau defisiensi akan memunculkan fenomena dingin. Hal ini sering kita namakan dingin internal (Yang Xu).
    Dingin membuat lembab. Sebagaimana sering kita lihat di alam ketika ada hujan yang sangat deras suasana jadi dingin dan akhirnya memunculkan kabut dan embun. Di dalam tubuh manusia ketika Yang tubuh lemah maka akan membuat hawa lembab tertahan ditandai dengan adanya perut yang mual, diare dan batuk dengan lendir yang banyak dan encer.
  4. DK (dingin kering)
    Empat Pathogen Yang Saling Berkaitan, Dingin membuat kering. Fenomena ini akan terlihat ketika seorang dengan kondisi dingin, maka secara naluri ia akan sedikit minum. Sehingga lama kelamaan akan memunculkan fenomena dingin kering. Atau bisa juga terjadi dengan mekanisme ketika unsur dingin masuk kedalam tubuh maka akan mengkonsumsi energi. Energi semakin melemah dengan adanya dingin. Ketika energi melemah maka cairan pun tidak dapat terabsorbsi dengan baik memunculkan kering.
    Kering akan membuat membuat dingin. Suasana tubuh yang kekurangan cairan (Yin) maka otomatis Yang tubuh juga tidak bisa terbentuk. Maka kering akan memunculkan dingin internal.

Empat Pathogen Yang Saling Berkaitan

Pada skema di atas dalam hubungan yang nampak pada bagian tengah memunculkan prinsip terapi yang sangat umum yakni :

  • Panas didinginkan
  • Dingin dipanaskan
  • Lembab dikeringkan
  • Kering dilembabkan


[1] Beliau adalah Pudji Hartanto Acp (Sang Debu) seorang guru besar Team An Nahl Indonesia. Pengajar nasional dan pengurus pusat ASPETRI (Asosiasi Pengobat Ramuan Tradisional Indonesia) semoga Alloh SWT selalu menjaganya dan memberikan barokah kepada beliau.

BekSin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *