Gejala Seorang Sering Menarik Nafas Panjang

Yarobbi.com | Bekam Sinergi | Gejala Seorang Sering Menarik Nafas Panjang

Gejala Seorang Sering Menarik Nafas PanjangSering kita melihat seseorang yang dihadapan kita atau teman sebangku kita saat ujian berlangsung terdengar hembusan nafas yang panjang. Kemudian yang kita lihat orang tersebut lebih merasakan nyaman.
Demikian juga dengan kita yang terkadang saat banyak masalah menimpa, atau kejadian yang membuat pusing kepala, atau kejadian yang membuat kita marah maka respon yang Nampak adalah kita selalu pengen menarik nafas panjang dan akhirnya bisa meredakan emosi atau luapan kemarahan.
Apalagi kalau kita lakukan sambil beristighfar maka tentunya juga terasa berbeda menyejukkan hati dan meredam gejolak hati.

Gejala Seorang Sering Menarik Nafas Panjang

Bagaimana sebenarnya mekanismenya secara kedokteran timur.

  • Mengambil nafas panjang berarti kita mengambil Qi dari alam  dengan kuat. Ini adalah mekanisme menguatkan Qi paru dengan mengambil Qi dari alam
  • Secara otomatis maka paru akan menguat, ketika paru paru menguat / karena ia masuk dalam unsure logam maka ia akan membatasi kayu yang terlalu bergejolak saat marah atau saat ada masalah.
  • Ketika mengambil nafas yang dalam maka Qi paru akan turun ke bawah ke arah ginjal, saat itu pula gejolak hati yang membara pun akan terkikis dengan gerakan nafas yang panjang ini yang turun ke ginjal.
  • Setelah itu kita hembuskan keluar dan dada terasa lega , ulu hati yang sakit dan mendesak ke atas agak terasa plong setelah kita beberapa kali melakukan hal ini

Secara sifat logam yang membersihkan maka inilah fenomena logam yang ia ber peran membatasi kayu yang terlalu membara, logam menyebarkan Qi dan menurunkan Qi nya ke ginjal.

Gejala Seorang Sering Menarik Nafas Panjang

Apakah fenomena ini patologis?
Fenomena ini bisa patologis dan bisa fisiologis tergantung tambahan fenomena lain yang muncul di dalam diri seseorang
Jika seorang sering tarik nafas panjang tetapi saat ada masalah saja maka ini adalah mekanisme fisiologis organ untuk saling membatasi yang kuat. Jika fenomena ini disertai dengan gejala yang lain seperti ulu hati yang terasa sakit dan mendesak ke atas, haid tidak teratur, payudara terasa nyeri, timbul benjolan dileher dan dada, tenggorok terasa ada yang mengganjal maka kemungkinan inilah yang dinamakan Qi hati stagnan yang membuat terjadinya deperesi Gan- hati.
Untuk stagnasi Qi hati seperti ini bisa dilakukan terapi dengan banyak istighfar, ibadah yang khusyuk, memnerima apa yang ada, meredam keinginan, ambisi-ambisi duniawi yang semakin lama akan semakin membuat unsure kayu semakin membara.
Selain itu gaya hidup yang menguatkan paru paru seperti olah raga juga akan menguatkan Qi paru serta menghilangkan stress.

Gejala Seorang Sering Menarik Nafas Panjang

Gaya hidup yang membuat hati jadi panas seperti makan makanan yang sifatnya panas, berpikir terlalu mendalam sehingga limpa menjadi lemah yang akhirnya QI paru juga ikut lemah seyogyanya juga dihindari.
Sekian pembahasan ini ….semoga bermanfaat dalam menambah wawasan kita dalam mendiagnosa seseorang.
Terinspirasi saat mengajar kelas 100 Jam bedah buku bekam sinergi di BSEC Semarang Februari 2012.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *