Hipertiroid … Analisa dan solusinya versi bekam sinergi

Hipertiroid | Testimonial | yarobbi.com, Datang seorang wanita usia 27 tahun, belum menikah, keluhan ingin beralih ke pengobatan alternative. Dia menderita sakit hipertiroid sehingga setiap hari harus minum PTU (Propil Tiourasil) Pasien menderita penyakit ini sejak tahun 2007.

Kondisi yang dikeluhkan pasien sekarang adalah gondok alias hipertiroid yang di lehernya semakin membesar setelah ia menghentikan pemakaian PTU, nafsu makan tidak ada, badan lemah, letih dan lesu. Pasien sering merasakan kedinginan, buang air besar tidak setiap hari, pinggang sering terasa sakit/pegel-pegel dan susah tidur.

Hipertiroid

hipertiroidDari keadaan sekarang kami mendapatkan gambaran lidah: warna pucat dan terlihat adanya daerah daerah yang berwarna hitam keunguan, bentuk gemuk dengan cetakan gigi disamping, gerakan normal. Sedangkan selaput lidah  putih, kotor diarea limpa lambung dan berair. Dari perabaan nadi di dapatkan: nadi semua area menunjukkan kekuatan lemah, kecil dan dalam.

 

Hipertiroid, Analisa kasus:

  1. Benjolan yang ada dipermukaan tubuh menunjukkan stagnasi Qi Xue. kemudian kita analisa apa yang membuat Qi Xue tidak lancar? Apakah karena Qi lemah, faktor pathogen dingin, faktor pathogen panas, Qi hati yang tidak lancar atau faktor lainnya? Dari data diatas kemungkinan penyebab gondok semakin membesar karena lemahnya Qi yang ada pada pasien
  2. Nafsu makan berkurang menunjukkan lemahnya Qi lambung atau lambung terserang dingin
  3. Susah tidur menunjukkan jiwa yang tidak tenang karena tidak mendapatkan Qi yang cukup sehingga jantung tidak dapat nutrisi dengan baik. Ingat jika Qi lemah maka darah juga lemah, karena darah di dorong oleh Qi. Darah yang memberikan nutrisi ke shen/jiwa.
  4. Sakit pinggang dan kaki terasa dingin tanda khas dari Yang Xu.
  5. Lidah yang pucat dan gemuk tanda khas orang lemah Qi dan Yang serta adanya pathogen lembab.
  6. Nadi yang lemah menunjukkan lemah Qi

Hipertiroid

Dari data yang ada ini kami mendiagnosa: HIPERTIROID DENGAN YANG XU LIMPA DAN GINJAL. Prinsip terapinya adalah dengan memberikan tonik Yang ginjal dan limpa.
Terapi yang kami berikan adalah: HABBATUSSAUDA 3X1, CAKAR AYAM 3X1, ADAS 3X2 dan MINYAK ZAITUN diloles dua kali pagi dan sore pada benjolan.
Terapi tindakan: moksa dan akupuntur. Moksa diambil titik tonik Yang: KI 2, KI 3, REN 4, BL 23, REN 6, SP 6 DAN LIV 13

        Hipertiroid, Alasan pemilihan herbal:

  1. Habbatussauda: adalah penguat Qi limpa dan ginjal
  2. Cakar ayam adalah herbal sifat hangat, sebagai anti pembengkakan atau tumor dan penghenti peerdarahan tipe dingin
  3. Adas adalah penguat pencernaan dan masuk ke paru-paru sebagai penambah Qi.
  4. Minyak zaitun dioleskan untuk melancarkan peredaran darah lokal di benjolan/gondoknya.

Hipertiroid … Demikian laporan kasus yang kami sampaikan kami berharap temen-temen pengobat bisa memberikan masukan kepada kami atas kasus ini untuk lebih menciptakan suasana diskusi dan dalam rangka “urun rembug” ke arah kebaikan kita semua…

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *