Kelemahan Qi. Kontraindikasi di bekam

Qi mempunyai banyak fungsi, seperti menghangatkan, meningkatkan, pertahanan tubuh, menggabungkan dan menguasai, meningkatkan metabolisme dan transformasi. Qi yang sakit bisa langsung mempengaruhi fungsi-fungsi ini. Ada 2 macam sindrom : defisiensi Qi dan tenggelamnya Qi.

Penyebab defisiensi Qi adalah:
a. Congenital defect dan defisiensi Qi primordial
b. Nutrisi yang buruk setelah lahir dan kekurangan sari hara makanan
c. Penyakit berat yang lama tidak sembuh atau penyakit tua, overtrain

Semua keadaan ini bisa menyebabkan sumber Qi yang buruk atau konsumsi Qi yang berlebihan, yang menyebabkan defisiensi Qi. Manifestasi klinisnya berupa kelesuan, kelemahan, nafsu makan buruk, napas pendek, berkeringat spontan, pucat mudah terkena faktor eksogen, lidah pucat, nadi lemah, abdominal flatulence dan diare yang sering.

Tenggelamnya Qi adalah keadaan patologis yang ditandai lemahnya Qi untuk naik. Penyebabnya sama seperti defisiensi Qi. Sebagai tambahan, hal ini bisa disebabkan karena diare yang lama dan sakit yang lama, wanita yang terlalu banyak melahirkan anak dan atau tidak dirawat dengan baik setelah melahirkan, prolapse lambung, ginjal, rectum atau uterus.

Hubungan antara tenggelamnya Qi dan Limpa sangat erat. Limpa terletak di Jiao tengah. Qi limpa punya kencederungan untuk naik, defisiensi qi limpa bisa berakibat tenggelamnya Qi.

ditulis oleh dr Achmad Ali Ridho (Penggagas Konsep Bekam Sinergi)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *