Kenapa garis tengah Yin Yang tidak garis lurus, tetapi bengkok ?

Yin Yang disimbolkan dengan sebuah gambar lingkaran yang terdiri atas warna hitam dan warna putih. Pada warna hitam terdapat sebuah lingkaran kecil berwarna putih demikian pula pada area yang berwarna putih, di dalamnya terdapat lingkaran kecil berwarna hitam. Kedua warna yang berbeda itu dipisahkan oleh sebuah garis yang uniknya bukan garis tegak lurus namun garis lengkung yang meliuk menyerupai huruf “S”. Garis tersebut juga dapat bergeser ke kanan atau ke kiri tergantung keseimbangan yang akan dituju.

Tidak selamanya keseimbangan di dalam diri seseorang itu mempunyai rasio 1:1. Bisa jadi seorang akan tetap merasakan sehat (tidak ada keluhan) saat perbandingannya 2:1. Misalnya, saat kita naik gunung, badan akan merasakan kedinginan, tetapi badan kita tidak merasakan sakit, tidak ada gejala meriang dan sebagainya, ini menandakan keseimbangan kita bergeser dan kita tetap sehat. Maka keseimbangan yang seperti inilah dinamakan keseimbangan yang relative. Satu kondisi dengan kondisi yang lain akan selalu berubah.

Garis melengkung menandakan bahwa semua hal dalam ilmu Yin Yang bersifat fleksibel dan relatif/tidak mutlak. Jika ilmu Yin Yang itu bersifat mutlak maka tentunya garis pemisah antara Yin dan Yang dibuat dengan garis yang lurus. Tetapi ternyata tidak demikian, keseimbangan selalu berubah/dinamis. Seorang yang mempunyai karakter panas belum tentu organ dalam tubuhnya panas. Bisa jadi karakter panasnya karena pengaruh angin panas yang membuat penampilan sesaatnya seperti itu. Misalnya, seorang wanita yang mempunyai sifat lembut, suatu saat akan juga akan memunculkan rasa marah dan sebagainya. Seperti itulah konsep keseimbangan relatif pada orang yang sehat.

Author is dr Achmad Ali Ridho Akp
more artikel about bekam? main aja ke yarobbi.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *