Mengenal dan Mengatasi Berbagai Macam Nyeri Haid

Yarobbi.com | Bekam Sinergi | Mengenal dan Mengatasi Berbagai Macam Nyeri Haid

Nyeri haid sering terdengar di telinga kita. Ada sebagian wanita yang menganggap suatu hal yang normal asal tidak begitu terasa menyakitkan. Sebenarnya bagaimana permasalahan ini ditinjau dari kedokteran tradisional China dan medis modern?

Mengenal dan Mengatasi Berbagai Macam Nyeri Haid

Nyeri haid sebagian besar terjadi pada wanita usia sebelum menikah dengan usia 15 s/d 25 tahun. Tetapi juga dijumpai pada wanita yang sudah menikah. Nyeri datang bulan ini bisa disertai dengan mual, muntah, sakit kepala dan pusing.
Nyeri ini biasanya mengenai bagian bawah perut dan bisa menjalar menganai pinggang. Ada nyeri yang rasanya mendesak ada nyeri yang rasanya melilit.
Mengenal dan Mengatasi Berbagai Macam Nyeri Haid, Secara kedokteran timur ada beberapa kondisi seseorang yang sedang dilanda nyeri waktu datang bulan tiba. Ada beberapa kasus yang menunjukkan nyeri datang bulan terjadi menjelang waktu haid dan mereda ketika sudah keluar darah haid. Ada yang nyerinya masih terasa meskipun darah haid sudah keluar dan beberapa kasus ada yang menunjukkan nyeri masih berlanjut ketika haid sudah selesai.
Mengenal dan Mengatasi Berbagai Macam Nyeri Haid, Menurut kedokteran barat dismenore dibagi menjadi 2 tipe yaitu primer dan sekunder. Dikatakan primer jika tidak ada penyakit yang mendasari terjadinya dismenore. Biasanya terjadi karena faktor kecemasan, kecapekan atau sebab yang lain. Dismenore sekunder biasanya terjadi  karena adanya adenomiosi, endometritis dan radang pada pelvis / rongga panggul.

Mengenal dan Mengatasi Berbagai Macam Nyeri Haid

Adapun kemungkin penyebab yang membuat seorang wanita nyeri waktu datang bulan adalah sbb:

  • Faktor emosi misalnya : marah, sedih, berpikir yang terlalu menguras energi rasa takut dan cemas serta gembira yang berlebihan
  • Serangan pathogen (penyebab penyakit) dari luar tubuh yang meliputi 6 eksopathogen yaitu: angin, panas, lembab, dingin, kering dan api.
  • Stagnasi Qi Xue  / mandeknya energi dan darah
  • Darah stasis di kandungan
  • Lemahnya Qi xue / lemahnya energi dan darah seseorang
  • Penyakit kronis yang menguras Qi Xue seseorang
  • Kekurangan Qi Xue karena multiparitas / banyak anak dan aktivitas seksual yang berlebihan

Cukup mudah supaya kita bisa mendiagnosa nyeri datang bulan dan setidaknya mengetahui langkah apa yang diambil silahkan pembaca mengamati apa yang Saya uraikan di bawah ini menurut kedokteran timur:

  • Tipe pertama: tidak lancarnya Energi hati ( stagnasi Qi hati ) membuat darah stasis
    Untuk tipe ini biasanya ditandai dengan nyeri waktu menjelang haid, payudara terasa nyeri dan dada terasa mengembang, uluhati terasa sakit, nyeri mulai berkurang ketika menstruasi sudah keluar dengan gumpalan berwarna ungu dan hitam. Darah haid bisa banyak atau sedkit terkadang hanya flek flek saja. Cara mengenalinya bisa dilihat di lidah seseorang yang nampak daerah daerah warna hitam keunguan.
    Bagi kita yang awam dengan ilmu kedokteran maka ketika anda menjumpai kasus seperti ini maka tindakan yang tepat adalah dengan melancarkan Qi hati supaya tidak tertekan dan mandek.
    Banyak hal yang membuat energi hatinya menjadi tertekan misalnya depresi, memendam rasa takut dan cemas. Atau dari faktor makanan yang terlalu membuat hati menjadi panas sehingga mengganggu aliran energi dan darah di hati. Makanan yang sifatnya panas dan lembab seyogyanya bisa dihentikan dulu untuk wanita yang baru nyeri haid dengan kondisi energi hati yang tertekan atau stagnan.
    Herbal Indonesia dan Thibbun Nabawi yang bisa diberikan untuk kasus ini adalah pelancar Qi hati yang paling mudah ditemui adalah Rumput Teki / Cyperus rotundus / Xiang Fu. Dan diberikan pelancara darah serta pengisi darah yaitu: Temulawak, kunyit dan minum madu serta makan kurma.
    Pijat atau tusuk jarum yang bisa dilakukan adalah dengan mengambil titik yang bernama Taichong / Liv 3 yang berkhasiat melancarkan Qi hati dan menguatkan limpa serta pengusir lembab, Di ji / Sp 8 yang letaknya 3 cun di bawah  Yin ling Quan, ini adalah titik Xi dari meridian limpa yang berfungsi menghilang nyeri akut serta penyakit meridian itu. Ada beberapa ahli yang menambahkan Qihai / Ren 6, Hegu / Li 4  dan Xue hai / Sp 10 untuk membantu masalah ini
    Lokasi titik bisa diamati pada gambar dibawah ini:
    Mengenal dan Mengatasi Berbagai Macam Nyeri HaidMengenal dan Mengatasi Berbagai Macam Nyeri Haid (Dismenore)Mengenal dan Mengatasi Berbagai Macam Nyeri Haid (Dismenore)Mengenal dan Mengatasi Berbagai Macam Nyeri Haid (Dismenore)Mengenal dan Mengatasi Berbagai Macam Nyeri Haid (Dismenore)
    Formula TCM yang bisa digunakan adalah Modifikasi dari Xuefu Zhuyu Tang yang terdiri dari 10 gr Dang gui , 6 gr Chuan xiong, 1  0 gr Chishaoyao, 10 gr Taoren, 10 gr Honghua, 10 gr chuanniuxi, 10 gr Xiangfu, 6 gr Qingpi, 10 gr Zhike, 6 gr Muxiang, 10 gr Yanhusuo,  10 gr Wulingzhi, dan 3 gr Gancao.
    Resep Thibbun Nabawi untuk kasus seperti ini adalah dengan melakukan sholat malam dan menyandarkan segala sesuatunya pada Alloh SWT. Anjuran olah raga yang teratur akan menguatkan energi paru paru yang nantinya akan bisa membatasi Qi hati yang membara dan dengan olah raga maka energi semua organ jadi lancar
    Bekam bisa dilakukan jika adanya stasis darah dengan sindrom panas ekses pada titik al kahil, al katifain dan titik belakang organ hati .
  • Tipe kedua : Penggumpalan lembab dan dingin
    Mengenal dan Mengatasi Berbagai Macam Nyeri Haid, Nyeri haid untuk tipe yang kedua ini disertai dengan rasa dingin di perut, anggota badan rasanya dingin, nyeri berkurang dengan adanya penghangatan pada daerah perut bagian bawah, feses lembek dan sering buang air kecil, badan merasakan lemah dan letih.
    Darah yang keluar sedikit dengan warna hitam keunguan.
    Prisip terapinya adalah hangati meridian untuk mengusir dingin dan keluarkan lembab untuk membuang stagnasi lembabnya
    Terapi yang bisa dipakai adalah
  1. Minum herbal ramuan Indonesia yang terdiri dari Kayu manis china, jahe , adas dan kapulaga
  2. Terapi dengan  pijat atau akupuntur dan moksa pada titik Guanyuan / Ren 4, San Yin Jiao / SP 6, Ciliao / BL 32 dan Shen shu BL 23
    Mengenal dan Mengatasi Berbagai Macam Nyeri Haid (Dismenore)Mengenal dan Mengatasi Berbagai Macam Nyeri Haid (Dismenore)Mengenal dan Mengatasi Berbagai Macam Nyeri Haid (Dismenore)
    Anjuran untuk wanita dengan kondisi seperti ini adalah dengan mengurangi makanan atau minuman yang berasa asam dan pahit serta menghindari air dingin atau buah buahan yang bersifat dingin
    Formula TCM yang dianjurkan adalah: Shaofu Zhuyu Tang
  • Tipe ketiga :Kekurangan Energi dan Darah
    Untuk tipe yang ketiga ini sama sama terjadi nyeri haid tetapi nyerinya dengan rasa yang khas yaitu seperti beban gandul atau disertai dengan rasa yang berat, biasa terjadi saat haid dan sesudah haid selesai. Rasa kosong di daerah perut bagian bawah. Darah haid biasanya sedkit atau tipis dengan warna merah terang, wajah yang kekuningan, tubuh yang cenderung lemah dan sering pusing, pandangan kabur serta adanya jantung yang sering berdebar debar.
    Prinsip terapinya adalah dengan menguatkan Qi dan Xue serta menghentikan nyeri
    Yang bisa kita lakukan adalah dengan minum ramuan penguat Qi misalnya: Madu, Habbatusauda, huluba / Fenugreek, ginseng dan penguat lainnya. Untuk penambah darah bisa minum kuning telur, madu dan merica serta jus wortel. Minum jus wortel jangan dilakukan tiap hari. Kurma juga termasuk penambah darah yang sangat bagus
    Anjurannya adalah jangan kerja terlalu berat, istirahat yang cukup dan jangan melakukan aktivitas yang menguras qi dan xue seperti kerja yang tanpa kenal lelah dan terlalu sering melakukan hubungan suami istri.
    Pijat atau akupuntur bisa dilakukan dengan mengambil titik Cu San LI / st 36, San Yin Jiao / sp 6, Qihai / Ren 6, Pi shu / BL 20 dan Wei shu / BL 21
    Formula TCM yang dianjurkan adalah: Modifikasi dari Banzhen Tang
  • Tipe ke empat : Lemahnya energi ginjal dan hati
    Tipe yang ke empat ini ditandai dengan menstruasi yang tidak teratur dengan warna darah yang merah terang, sedikit , disertai dengan rasa sakit dan lemah pada pinggang dan lutut, telinga berdenging, pusing dan pandangan yang kabur.
    Prinsip terapinya adalah menguatkan hati dan ginjal
    Yang bisa kita lakukan adalah dengan minum formula penguat Yin Ginjal yaitu dengan minum Spirulina, daun sendok dan tapak liman dikombinasikan dengan herbal penambah darah yaitu madu dan kurma serta jus wortel. Bisa ditambahkan mentimun untuk menetralkan sifat hangat kurma.
    Akupuntur atau pijat bisa dilakukan dengan mengambil titik San Yin Jiao / sp 6, Gan shu / BL 18, Shen shu / BL 23 , Xue Hai / SP 10  dan Zhao hai / KI 6

Mengenal dan Mengatasi Berbagai Macam Nyeri Haid

Sekian pembahasan materi tentang nyeri haid, setiap tipe kemungkinan gejala terkadang tidak muncul semua. Untuk itu perlu dilakukan diagnose kepada para praktisi yang ahli di bidang pengobatan timur dan Thibbun Nabawi.
Untuk masyarakat luas paling tidak ini bisa membeerikan gambaran suplemen apa yang bisa dikonsumsi sesuai dengan karakteristik masing masing dan gaya hidup yang dianjurkan.

Mengenal dan Mengatasi Berbagai Macam Nyeri Haid

Semoga bermanfaat

Maroji:

  1.  Zuo Yan Fu . 2000. “Gynecology of Tradisional Chinese Medicine” Shang hai University Of TCM
  2. Gang Lin Yin. 1999. “ Advance Modern Chinese Acupuncture Therapy”
  3. Sim Kie Jie.1997.” Dasar Terapi Imu Akupuntur . Grasindo Jakarta
  4. Effendy Hwie MBA Akp. Tradisional Chine Medicien. Inormec Surabaya
  5. Ilmu akupuntur dan moksibusi TCM IKNI JATENG

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *