Moksibusi tidak Menambah Energi

Saya menulis judul ini karena terkait dengan pengalaman saya pribadi yang dulu salah dalam memahami akupuntur dan moksa. Dulu saya mengira moksa itu akan nambah energy ternyata setelah berguru dan belajar lagi moksa tidak menambah Qi / energy. Sebagaimana juga dalam penggolongan herbal ada tonik Qi dan tonik Yang, maka moksa tergolong tindakan yang menambah unsure Yang.

Unsur Yang didapatkan dari kumpulan Qi. Maka jika orang tersebut cukup energinya ia akan merasakan kehangatan pada tubuhnya karena cukup Yang. Jika orang tersebut kekurangan Yang / Yang xu maka ia akaan merasakan kedinginan.

Moksa sangat bagus digunakan kasus Yang xu sehinga ia akan langsung menambah Yang. Titik yang secara umum sering digunakan untuk menambah Yang adalah KI 2, KI 3, REN 4, REN 6, DU 4 , BL 23 DU 14 DAN DU 20. Semua titik ini sangat efektif untuk menambah Yang.

Bagaimana ceritanya orang yang kedinginan kurang Yang dilakukan moksa tidak ditusuk jarum / akupuntur ? jawabnya akupuntur tidak menambah Yang. Akupuntur menambah Qi bukan nambah Yang. Dengan moksa maka tubuh akan hangat. Dengan kehangatan tubuh itu ( tubuh yang cukup Yang ) ia akan mendukung terlaksananya semua proses didalam tubuh sehingga terciptalah energy / Qi.

Moksa sinergi dengan apa?

Menurut konsep bekam sinergi, moksa kita lakukan kembinasi dengan akupuntur atau bekam api serta dikombinasikan dengan herbal penambah Yang seperti: Fu zi, Khan jiang, cordisep, rou cong rong dan Tusi zi.

Kontra indikasi moksa:
Terapi ini karena menambah unsure Yang dan panas akan mengeringkan cairan maka ia tidak boleh digunakan pada sindrom YANG SHI dan YIN XU.

Bagaimana dengan YIN SHI atau dingin ekses?
Untuk dingin ekses bekam sinergi memandang sangat bagus dengan Cupping fire atau bekam api. Karena bekam api menarik unsure dingin keluar dari tubuh. Tetapi jika sindrom dingin luar dan dingin dalam terjadi bersama sama maka moksa bisa dikombinasikan dengan bekam api.
Ini adalah sekelumit insight pagi ini. Semoga bermanfaat. [Inspirasi On Klaten, 23 april 2011]