Obat Cegukan (HICCUPS)

SOLUSI BEKAM SINERGI: Cegukan adalah peristiwa memberontaknya Qi perut. Atau Qi perut yang berbalik ke atas. Dalam keadaan normal Qi perut akan turun ke limpa. Tetapi karena sesuatu hal maka ia berbalik arah menuju ke atas yaitu kearah mulut. Hal ini bisa terkait dengan Dingin, dan makan berlebihan. Organ yang terlibat adalah Perut dan paru-paru.

Menurut pandangan Barat cegukan ini bisa terjadi pada kasus Gastro intestinal neurosis, gastritis. sirosis tahap akhir, otak dan gangguan ginjal, gangguan pencernaan lainnya. Secara umum semua bisa menyebabkan diafragma untuk kejang. Ketika sebuah gangguan parah kronis menunjukkan cegukan prognosis tidak baik.

    Ada lima kemungkinan orang terserang cegukan menurut kedokteran tradisional :

  • Akumulasi Dingin di Dalam Perut
  • Cegukan kuat dalam dan lam lama, ditandai dengan sakit di daerah perut (ketidaknyamanan). Ketidaknyamanan ini akan berkurang jika diminumi sesuatu yang hangat. Hal ini diinduksi dengan dingin. Pada pemeriksaan lidah didapatkan selaput putih tebal , Pada pemeriksaan nadi didapatkan nadi-lambat.

    Prinsip terapi :
    hangat pertengahan Jiao, mengusir Dingin, turunkan Qi perut

    Metode :
    Akupunktur dan moxa,meridian yangming kaki, jueyin tangan, * Ren 22 (turun Qi), * PC 6 (Yin wei membuka dada & diafragma), * BL 17 , * ST 36, Ren 12, LR 13 , BL 20, 21, Ren 4. Jika disertai mual dan muntah tambahkan ST 21

    Bekam Api : pada titik belakang lambung dan limpa serta ST 21 , Ren 12 dan Ren 4

  • Api lambung yang naik ke atas/ membara
  • Cegukan yang ditandai dengan sura yang kuat keras , bau mulut, haus dan ingin minuman dingin, feses kering dan sembelit. Dari pemeriksaan lidah didapatkan selaput kuning tebal dan naddi yang cepat kuat.

    Prinsip terapi : membersihkan Api perut dan turunkan Qi perut

    Metode :
    Akupunktur pada meridian yangming kaki, jueyin tangan, * Ren 22, * BL 17, * ST 36, * PC 6, ST 25, ST 44, LI 4,untuk pahit dimulut bisa ditambahkan Liv 2 dan Liv 3

    Bekam basah : pada titik belakang lambung, liver dan paru. Serta diambil Al kaahil, Al katifain.

  • Stagnasi Qi dan Lendir
  • Cegukaan ini ditandai dengan sulit untuk menghentikan cegukan (kadang-kadang dapat menyebabkan muntah), disebabkan oleh stres emosional, kurang nafsu makan, mual, gas, bersendawa, kepenuhan dada, lidah nampah selaput licin dan putih serta nadi yang licin.

    Hal ini disebabkan oleh karena hati menyerang Limpa yang menyebabkan dahak.

    Prinsip terapi : mengatur Qi, transformasi dahak, menyelaraskan Qi limpa. Akupunktur pada meridian yangming kaki, jueyin keduanya, * Ren 22, * PC 6, * ST 36, * BL 17, LR 14, GB 43, ST 40, GB 34. Jika disertai dengan pusing ambil Du 20, GB 20.

  • Lambung dan limpa kekurangan Yang
  • Cegukan yang mendalam dengan suara lemah , nada rendah, wajah pucat, kaki dingin, kurang nafsu makan, kelelahan, tubuh dingin, lidah nampak gemuk dan ada akumulasi dingin.

    Prinsip : hangatkan Jiao tengah , dan selaraskan Qi perut

    Metode :
    Akupunktur dan moksa, pada meridian yangming kaki, jueyin tangan, * Ren 22, PC * 6, * ST 36, * BL 17, Ren 12, BL 20, 21, dan Ren 6 jika punggung bawah dingin ambil Ren 4 & 8 (moksa dan jarum)

  • Limpa kekurangan Yin
  • Cegukan yang singkat dan cepat, cegukan intermiten, mulut dan lidah kering, mudah marah, tinja kering, Lidah merah selaput hilang, retak, Nadi :tipis cepat.

    Prinsip : memelihara Perut Yin dan cairan, turunkan Qi Perut

    Akupunktur: tonifikasi pada * Ren 22, * PC 6, * ST 36, * BL 17, 21, Ren 12, KI 3 atau 6 jika disertai dengan nafsu makan yang buruk tambahkan Ren 10 dan SP 3. [Ali Ridho]

Maroji:
http://tcm.health-info.org/Acupunture/treatment/hiccup.htm
modul 20 jam bekam sinergi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *