Osteoporosis Mengintai Wanita?

Yarobbi.com | Bulletin Ash Shihah | Osteoporosis Mengintai Wanita?

Osteoporosis Mengintai Wanita?

Menopause merupakan jenjang yang lebih tinggi dari keluhuran dan kebijaksanaan. Saatnya menyaksikan tuaian dan panen kehidupan, termasuk didalamnya masalah kesehatan. Sebenarnya menopause bukan merupakan “kondisi yang membutuhkan terapi”. Bukan pula kondisi yang menyebabkan wanita mudah terkena keropos tulang atau kolesterol tinggi dan juga serangan jantung. Hormon perempuan (estrogen) bukan satu-satunya yang menjaga kita agar tidak keropos.
Menopause merupakan periode “the glory of women at their wise age” dimana keropos tulang bisa dicegah dengan sayuran hijau yang cukup, menurunkan berat badan yang berlebih karena berat yang berlebih memberikan beban bagi seluruh tubuh termasuk kerja jantung dan juga susunan tulang.

Osteoporosis Mengintai Wanita?

Mengapa terjadi kerapuhan tulang (osteoporosis)?
Osteoporosis adalah penyakit tulang yang mempunyai sifat-sifat khas berupa masa tulang yang rendah dan penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat akhirnya menimbulkan kerapuhan tulang. Pengeroposan tulang merupakan hal yang wajar dan alamiah pada usia tertentu dimana manusia mulai mengalami proses penuaan. Khususnya bila kecepatan pembentukan tulang baru tertinggal dari absorpsi (penyerapan mineral tulang) sehingga tulang lebih rapuh dan tipis.
Kondisi seperti ini dipercepat pada orang dewasa yang terbiasa dengan pola makan kurang sehat dan seimbang, kurang matahari, kurang bergerak, kurang latihan beban dan kelenturan, penuaan dini, menopause dini, yang menyebabkan anjlognya hormone estrogen yang menjaga tulang pada usia reproduktif.
Menjadilah kritis terhadap obat-obatan yang diberikan oleh dokter Anda. Kebiasaan menggunakan obat anti radang yang mengandung steroid terbukti sebagai penyebab terutama pengeroposan tulang. Steroid memang memberikan efek “mujarab” khususnya untuk meredakan pembengkakan dan radang karena bekerja sebagai penekan reaksi kekebalan tubuh.
Pengeroposan tulang juga sering terjadi akibat perbuatan sendiri. Misalnya? Tanpa sadar sering ngemil berbagai kripik, kentang goreng, makanan yang dipanaskan dengan microwave, minuman bersoda, permen, makanan dan minuman dengan High Fructose Corn Syrup, aspartame, dan berbagai produk masa kini yang seharusnya tidak ada dalam produk makanan alami.

Osteoporosis Mengintai Wanita?

Mencegah kelanjutan osteoporosis

  1. Osteoporosis Mengintai Wanita? Cukupkan vitamin D dari matahari dengan paparan 15-20 menit, agak lebih lama bagi yang berkulit gelap karena pigmen kulit merupakan SPF/ Sun Protection Formula yang alami.
  2. Osteoporosis Mengintai Wanita? Cukupkan vitamin K2. Vitamin K banyak terdapat pada sayuran hijau dan langsung masuk ke hati untuk mempertahankan pembekuan darah yang normal dan mencegah pengerasan dinding pembuluh darah.
  3. Melakukan olahraga dengan beban. Perlu adanya latihan beban dan perenggangan sehingga akan memperkuat persendian dan tulang. Member beban pada otot secara tidak langsung berimbas pada tulang, hal ini akan direspon oleh tubuh dengan cara terus membuat tulang baru yang lebih segar.
  4. Osteoporosis Mengintai Wanita? Jangan melakukan sabotase atau hal-hal yang dapat merusak usaha diatas. Sabotase sering terjadi pada urusan makan. Percuma saja latihan beban, berjemur matahari dan mencukupi vitamin K, bila kondisi karbohidrat yang kita asup jauh dari harapan si tulang. Kadar gula berlebih dalam makanan akan semakin mempercepat proses keropos.
  5. Memang betul produk hewan yang bisa dimakan bersama tulangnya seperti teri, ikan/ayam yang dipresto tentu mengandung kalsium. Akan tetapi bukan kalsium semata yang bertanggung jawab atas kokohnya tulang.

Osteoporosis Mengintai Wanita? (Zahra)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *