Pertanyaan yang Sering Muncul Ketika Menerapkan Buku Bekam Sinergi

Yarobbi.com | Bekam Sinergi | Pertanyaan  yang Sering Muncul Ketika Menerapkan Buku Bekam Sinergi (Bagian. 1 dari 2)

Pertanyaan  yang Sering Muncul Ketika Menerapkan Buku Bekam Sinergi

PERTANYAAN PERTAMA:
Dalam buku bekam sinergi sudah dijelaskan kalau bekam basah tidak diperbolehkan untuk orang yang mempunyai sindrom dingin. Bagaimana dengan kondisi seseorang yang merasakan demam (badan terasa panas di dalam) tetapi di luar ia merasakan sangat kedinginan?

JAWAB:
Baik, kasus ini adalah sering kita jumpai di klinis, karena ia merupakan penyakit yang sering muncul. Gejala ini adalah gejala khas seorang yang terserang angin dingin. Angin dan dingin masuk kedalam tubuh melalui mulut, hidung dan pori-pori kulit. Ia akan memasuki area Cou Li[1]. Di dalam area ini angin dan dingin akan mempengaruhi buka tutup pori-pori kulit. Karena yang masuk adalah unsur angin dan dingin, dingin akan membekukan atau menutup pori-pori kulit. Pori-pori kulit yang tertutup ini membuat panas tubuh tidak bisa menguap keluar, sehingga panas tubuh tertahan. Akhirnya memunculkan fenomena dingin di luar dan panas di dalam yang ditandai dengan tidak adanya nafsu makan mulut yang terasa pahit, kepala pusing.
Kasus ini prinsip terapinya dengan membuka pori-pori kulit supaya panas yang terkungkung bisa keluar dan mendinginkan panas di organ dalam. Maka terapi yang dianjurkan dengan bekam api. Atau dilakukan bekam kering ditambah dengan penghangatan pada pinggang.
Secara medis modern fenomena ini banyak muncul dipenyakit gejala-gejala awal seorang terserang influenza yang dilanjutkan dengan peradangan di saluran nafas atau tenggorokan. Panas dan dingin yang muncul merupakan respon tubuh untuk melawan dan mempertahankan infasi pathogen dari luar tubuh.
Maka peran bekam pada kasus ini sangat membantu mengurangi peradangan yang terjadi.
Pemilihan herbal yang dianjurkan pada kasus ini adalah kombinasi yang mengkeringatkan dengan rasa pedas dan hangat dengan herbal yang mendinginkan panas di dalam.
Kombinasinya bisa memakai: jahe dengan sambiloto dan kurma. Jahe akan mengusir angin dingin, sambiloto ia akan mendinginkan tubuh membuang toksik, kurma ia menambah darah dan energi seseorang. Kurma bisa diganti dengan madu. Madu 2 sendok dilarutkan dalam air hangat diminum dengan air rebusan sambiloto dan jahe.
Bila disinergikan dengan terapi yang lain bisa dengan menggunakan akupuntur ataupun Guasha (kerikan).

PERTANYAAN KEDUA:
Bagaimana dengan seorang yang sering merasakan kakinya dingin tetapi badannya tidak dingin, orangnya berenergi dan bisa melakukan semua aktifitas fisiknya dengan baik? dan ini merupakan fenomena yang sudah dirasakan sejak lama.

JAWAB:
Kasus ini adalah sebuah gejala yang khas dari tidak lancaranya energi hati. Kita tahu bahwa fungsi hati adalah melancarkan dan menyalurkan energi masing-masing organ untuk berjalan sesuai dengan jalur yang sudah tersedia. Ketika fungsi ini terganggu maka energi ada didalam tubuh tetapi tidak disalurkan dengan baik sampai dengan ujung ujung tubuh.
Kasus ini bisa terjadi pada seseorang yang tertimpa sebuah masalah sehingga jiwanya tertekan sehingga membuat dada atau hati tidak bebas merdeka. Untuk itu kasus ini meskipun dingin tetapi bukan dingin yang lemah (Yang Xu / kelemahan Yang), melainkan karena stagnasi energi yang tidak sampai pada ektrimitas kita.
Terapi yang dianjurkan adalah dengan menggunakan bekam basah maupun kering pada titik belakang organ hati (Gan Shu), Titik depan organ hati.
Herbal yang diberikan bisa menggunakan pelancar Qi hati misalnya: Chaihu, Rumput teki dan temulawak.
Ini merupakan kasus STAGNASI –> EKSES. Stagnasi Qi hati akan membuat gejolak di badan dan hal ini akan membuat STAGNASI –> DEFISIENSI ditandai dengan adanya kaki dan tangan yang dingin.
Maka meskipun fenomenanya sering dingin kakinya terapinya tetap bisa dilakukan bekam basah. Kita ingat konsep awal gejala yang sama terapinya bisa berbeda, gejala yang berbeda terapinya bisa sama. Itulah sinergi

 PERTANYAAN KETIGA:
Kenapa seorang yang badannya kedinginan dilakukan bekam api pingsan? konon bekam api menghangatkan meridian?

JAWAB:
Baik kembali kita ke definisi bekam sinergi. Saat kita melakukan bekam kita sangat dianjurkan melihat kekuatan tubuh pasien. Meskipun orangnya terserang pathogen dingin, tetapi energinya lemah maka tidak boleh melakukan terapi dengan “menarik “ energi ke permukaan dengan bekam api. Bekam api ia akan menarik darah dan energi ke permukaan tubuh, disaat yang sama ia menghangatkan meridian dan menarik pathogen dingin, lembab dan angin keluar dari dalam tubuh. Tetapi jika terjadi pada pasien dengan energi yang lemah maka bekam api juga tidak dianjurkan.
Pada kasus ini yang diperlukan adalah ramuan yang bisa mengisi energi dan kehangatan tubuh seseorang misalnya kombinasi: habbatussauda, ginseng dan kayumanis.

PERTANYAAN KEEMPAT:
Bekam basah sangat hati-hati untuk dilakukan pada  titik ginjal belakang, kenapa?

JAWAB:
Sebagimana sudah kita sampaikan dalam buku bekam sinergi bahwa bekam basah akan mengeluarkan materi dari dalam tubuh yaitu darah dan energi. Dalam kedokteran timur ginjal adalah merupakan organ yang menyimpan energi tubuh kita. Maka pinggang yang menjadi rumahnya ginjal sering kita jaga supaya energi ginjal kita tidak mudah terkuras.
Realita yang mudah kita jumpai dilapangan ketika kita bekerja sudah lama dan terkuras energinya maka akan memunculkan rasa pegal dan nyeri diarea pinggang. Ini merupakan sinyal bagi kita kalau tubuh kita sudah kekurangan energi. Nyeri pinggang juga sering terjadi pada pasien apasien yang sudah usia tua. Yang ini merupakan juga sinyal pada kasus manula persediaan simpanan energi juga menipis, maka jangan dilakukan pembekaman pada titik ginjal pada orang tua.
Pembekaman basah pada pinggang sangat bagus dilakukan pada kasus lembab panas yang ekses pada ginjal dan saluran kemih. Hal ini secara medis modern terjadi pada kasus kencing bernanah, infeksi saluran kemih, batu ginjal dan kasus-kasus infeksi ginjal lainnya.

PERTANYAAN KELIMA:
Seseorang dilakukan bekam kering saja mengeluh merasakan ingin pingsan, ini bagaimana?

JAWAB:
Meskipun bekam kering, kegiatan pemvakuman dengan kop merupakan kegiatan penarikan dan pembuangan energi dari dalam tubuh. Maka bekam keringpun meski tidak mengeluarkan darah tidak diperbolehkan pada kasus pasien yang lemah energinya.
Untuk mengusir pathogen dari dalam tubuh tidak harus dengan bekam saja. Tubuh yang lemah ketika kita kuatkan energi dan darahnya maka secara otomatis pathogen akan menyingkir dari dalam tubuh kita.
Kita ingat kembali konsep sakit, bahwa sakit adalah pertarungan pathogen dengan daya tahan tubuh kita. Ketika daya tahan menang maka orang tersebut sehat

PERTANYAAN KEENAM:
Mengapa bekam sinergi jarang melakukan pembekaman pada tubuh bagian depan?

JAWAB:
Pembekaman adalah sebuah proses pengambilan pathogen yang ada di dalam tubuh kita. Pembekaman secara medis modern dilakukan pada motor poin yang ada di daerah yang memiliki otot. Secara empiris orang akan lebih nyaman jika dilakukan pembekaman pada daerah yang memiliki otot yang tebal.
Daerah depan tubuh merupakan daerah yang lebih lemah jika kita bandingkan dengan daerah belakang tubuh kita. Daerah depan tubuh cenderung memiliki otot yang lebih tipis terutama daerah perut. Maka untuk daerah perut kebanyakan terapi yang dilakukan adalah dengan penghangatan dan penusukan jarum.
Meskipun pada kasus tertentu juga sangat dianjurkan pembekaman pada area depan tubuh misalnya pada kasus :

  • Seorang yang mengalami kembung pada perutnya disertai dengan rasa penuh, badan terasa berat ini bisa dilakukan bekam api pada dinding perutnya pada titik Tianshu (St 25) ditambah dengan moksibusi pada Ren 8 (Shenque).
  • Seorang dengan keluhan gastritis dengan ekses panas pada lambung bisa melakukan bekam basah pada titik Tianshu (ST 25). Tetapi hal ini jarang penulis lakukan. Saya lebih suka akupuntur untuk kasus ini dan memnggunakan Thibbun nabawi berupa bubur Talbinah yang sangat bagus untuk mendinginkan lambung yang panas sehingga gastritisnya bisa sembuh dengan ijin Alloh Ta’ala.
  • Kasus menstruasi yang sakit karena adanya panas dan darah stasis pada uterus, dengan bekam basah pada titik Guanyuan (Ren 4).

PERTANYAAN KETUJUH:
Bekam basah sangat bagus untuk menghilangkan nyeri karena darah stasis. Bagaimana cara mudah memilih kasus nyeri yang disebabkan oleh darah stasis?

JAWAB:
Hal yang mudah bisa kita lakukan adalah dengan menanyakan nyerinya seperti apa? Jika nyerinya kearah tolak tekan, nyeri seperti diiris-iris, nyeri disertai dengan fenomena ungu atau kehitaman pada daerah nyeri, nyerinya terjadi pada sebuah benjolan yang berwarna keunguan dan kehitaman, bisa menuju ke diagnosa stasis darah. Jika terjadi pada wanita ditunjukkan dengan nyeri saat menjelang haid, setelah darah haid keluar nyeri hilang, darah yang keluar biasanya menggumpal hitam menunjukkan darah stasis yang ada di kandungan.
Kasus inilah yang baik dilakukan pembekaman basah.

INSYAALLAH ADA LANJUTANNYA

[1] Cou Li adalah daerah yang terletak antara kulit dan pembungkus otot. Secara medis masuk dalam sun kutis / area bawah kulit.

BekSin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *