Post Stroke … penanganan dan solusinya

Post Stroke | Bekam Sinergi | Yarobbi.com, Seorang pasien usia 65 tahun datang dengan keluhan kaki kiri bengkak (odem) pada pergelangan kakinya. Kebetulan kaki kirinya itu mengalami (paresis) kelumpuhan tetapi masih bisa digerakkan dengan kekuatannya sangat lemah. Dia mengeluh lutut kaki yang kiri terasa lemah, sehingga kalau digunakan untuk jalan merasakan ada bunyi sesuatu dan terasa persendiaanya agak keluar dari jalurnya.

Post Stroke

Post stroke

Analisa
1. Lemah energi dan lemah panas tubuhnya (Yang Xu) terutama Yang Xu limpa dan ginjal.
2. Semula pasien datang dengan gambaran lidah: warna pucat, bentuk 2. gemuk, gerakan normal, selaput putih tebal
3.  Nadi yang lambat, lemah dan dalam.
4.  Mengeluh tubuh terasa berat
5.  Serta kolesterol serta asam uratnya tinggi.
dan beberapa gambaran yang saya sampaikan diatas

Tindakan
Post Stroke Pasien diterapi dengan TDP pada lututnya yang kiri dengan durasi 30 menit jarak 25 cm dari permukaan lutut, kemudian sambiil dilakukan penusukan pada ST 36, ST 35, ST 4, GB 34, SP 10 DAN SP 9.
Alhamdulillah pasien merasakan kaki lebih bertenaga selama dilakukan penusukan dan penghangatan setiap seminggu sekali.

Post Stroke Yang jadi permasalah adalah setelah menjalani terapi 3 kali ( TDP dan akupuntur pada lokasi sekitar lutut ) dan minum herbal Tonik Qi dan pembuang lembab pasien merasakan pusing karena tensi naik jadi 200 / 120 mmHg. Dengan keluhan tambahan leher terasa kenceng dan tegang.

Post Stroke Dari keluhan yang sekarang muncul ternyata saya lihat lidahnya berubah total tidak seperti dulu saat datang pertama kali. Lidah yang ada sekarang warna merah, selaput kuning dan tepi lidah area liver juga merah.

Post Stroke Dari fenomena yang nampak sekarang menunjukkan bahwa kondisi pasien sekarang dengan dulu waktu awal datang sangat berkebalikan. Kalo dulu kondisinya (Yang Xu) Kekurangan Yang, kalau sekarang kondisinya (Yang Shi) Kelebihan Yang. Terapipun dirubah dengan melakukan bekam basah pada titik al kahil, al akhdain dan al katifaain serta BL 13, BL 18. Kemudian diberikan herbal pendingin yang melancarkan air kencing sehingga panas bisa terbuang dari tubuh.

Post Stroke

Post Stroke

Post Stroke … Dari fenomena yang nampak sekarang menunjukkan bahwa kondisi pasien sekarang dengan dulu waktu awal datang sangat berkebalikan. Kalo dulu kondisinya (Yang Xu) Kekurangan Yang, kalau sekarang kondisinya Yang Shi Kelebihan Yang.

Post Stroke … Berlanjut pada Terapi pun dirubah dengan melakukan bekam basah pada titik al kahil, al akhdain dan al katifaain serta BL 13, BL 18.Kemudian diberikan herbal pendingin yang melancarkan air kencing sehingga panas bisa terbuang dari tubuh.

Pelajaran yang bisa kita petik bersama adalah:
1. Bahwa pemberian terapi Tonik Yang dan Qi yang herbalnya bersifat panas jika terlalu lama atau terlalu kuat maka panas bisa menguras cairan / panas mengkonsumsi Yin. Maka yang terjadi adalah ketika panas mengkonsumsi cairan tersebut berjalan terus akan membuat fenomena panas dalam yang akhirnya panas dalam tersebut akan bergerak ke atas ( gerakan panas adalah keluar dan ke atas )

2. Saat memberikan herbal yang sifaatnya panas maka pantaaulah kondisi pasien Post Stroke jika kondisinya yang semula kekurangan Yang kemudiaan sudah dilakukan terapi kondisi sudah seimbang maka herbal tersebut dihentikan. Jika dilanjutkan maka akan terjadi kasus seperti poin pertama.

3. Selama kita melakukan pengobatan maka harus cermat dalam melihat kondisi perubahan yang tampak pada pasien, begitu juga pada Post stroke.

Post Stroke … Itulah sekelumit cerita dalam menangani pasien post stroke, semoga bisa menjadikan bahan renungan dan evaluasi kita bersama dalam memberikan terapi ke pasien (yarobbi).

BekSin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *