QI / ENERGI VITAL

Qi atau energi vital, merupakan substansi esensial tubuh yang memelihara aktivitas organ Zang Fu , jaringan tubuh lainnya serta memelihara meridian. Semua aktivitas vital manusia terjadi karena perubahan dan gerakan dari Qi. Sebagai materi dasar yang memelihara fungsi-fungsi fisiologis seluruh tubuh, Qi mempunyai bentuk yang banyak sekali, dimana bentuk yang satu timbul dari yang lainnya. Dalam akupunktur qi juga disebut “spirit of life”.

Dalam mempelajari Qi dan sirkulasinya, perlu diketahui sumber, distribusi dan fungsi Qi yang bermacam-macam tersebut. Pada umumnya kita membedakan Qi kongenital yang telah dibawa sejak lahir dan Qi didapat, yang diperoleh sesudah kelahiran.

Menurut sumber, fungsi dan penyebabnya Qi dalam tubuh manusia dibedakan menjadi:

YUAN QI (QI PRIMER) = QI KONGENITAL
Terbentuknya kehidupan, paling sedikit memerlukan tiga sumber energi. Dua yang pertama berasal dari sel sperma ayah dan sel telur ibu yang sekaligus akan menurunkan sifat-sifat orang tua kepada anaknya. Energi yang ketiga adalah daya hidup kosmos atau daya hidup alam semesta dimana manusia sebagai mikrosmos berada di dalamnya. Mula-mula terbentuk zygote, yaitu persatuan antara sel sperma dan sel telur akan menjadikan bersatunya kromo¬som inti sel ayah dan sel ibu. Akan tetapi kromosom yang terdapat di dalam mitokondria sel sperma, tidak ikut masuk ke dalam sel telur dalam proses penyatuan tersebut. Jadi seseorang hanya menerima warisan kromosom mitokondria dari ibu saja. Kita tahu bahwa mitokondria adalah pusat energi bagi suatu sel. Oleh karena itu energi seseorang terutama berasal dari ibunya. Energi yang terdapat di dalam sel sperma ayah atau sel telur Ibu disebut energi kongenital, yang kualitasnya sangat dipengaruhi oleh Energi didapat.

Yuanqi ini dipelihara oleh organ Ginjal dengan bantuan Qi perolehan yang antara lain didapat dari makanan dan minuman yang diolah oleh Limpa, Lambung dan dari udara bersih (O2) yang dihirup oleh Paru-Paru.
Selama kehidupan di dalam kandungan, yang paling berperan dalam perkembangan janin adalah Qi kongenital ini, di samping energi-energi lain yang berasal dari ibunya lewat tali pusat.

Segera setelah kelahiran berlangsung, proses fisiologi normal yang biasa terjadi pada seseorang, dimulai setelah tarikan nafas yang pertama di mana sistem Tri Pemanas / Three Energyzer / TE mulai aktif.
Yuanqi memerlukan zat dan makanan dari Qi setelah kelahiran yang berasal dari esensi makanan. Yuanqi berakar di Ginjal dan menyebar ke seluruh tubuh melalui SanJiao (Tri Pemanas, Triple Energizer). Qi ini merangsang dan meningkatkan aktivitas fungsional organ Zang Fu dan jaringan yang berkaitan. Makin banyak Yuanqi akan makin giatlah organ Zang fu dan jaringan yang berkaitan. Dengan demikian tubuh akan menjadi sehat dan jarang sakit. Seba¬liknya bila secara kongenital kekurangan Yuanqi, atau kekurangan Yuanqi karena penyakit yang lama, terjadilah berbagai perubahan yang bersifat patologis.

QI DIDAPAT/ PEROLEHAN
YUANQI disimpan di Ginjal, yang kemudian berperan sebagai materi dasar untuk merangsang aktifitas organ Zang Fu untuk memproduksi Qi didapat. Sebaliknya, Qi didapat secara terus menerus akan mempertahankan dan memelihara Qi kongenital. Qi didapat ada beberapa bentuk:

1. YINGQI (NUTRIENT QI)
Tumbuh dan dibentuk dari Guqi yang diproduksi oleh Limpa dan Lambung. Yingqi beredar di pembuluh.
Fungsi utamanya ialah: membentuk darah dan beredar bersamanya, meningkatkan lebih lanjut pemberian makanan. Karena Yingqi dan darah sangat erat kaitannya, hubungan fungsi antara keduanya sering disebut Ying darah. Peranan Yuanqi diperlukan dalam produksi Yingqi

2. ZONGQI / PECTORAL QI /Qi DADA
Dalam Paru, di mana udara bersih masuk pada waktu inspirasi (menarik nafas) = KongQi (Qi bening), bergabung dengan Qi / energi dari sari makanan yang diolah Limpa dan Lambung (Yingqi) membentuk Zhongqi (Pectoral Qi), yang disimpan dalam rongga dada.

FUNGSI ZONGQI:
1) Meningkatkan fungsi Paru dalam mengontrol pernafasan. Kuat atau lemahnya suara dan pernafasan berkaitan dengan mutu Qi dada.

2) Meningkatkan fungsi jantung dalam mengatur darah dan pembuluh darah. Peredaran Qi dan darah, rasa dingin dan panas serta kemampuan motorik keempat anggota badan berkaitan dengan mutu / kualitas Qi dada.

3. ZHENGQI / QI SEJATI
Qi yang disimpan dalam rongga dada (Zhongqi) dengan pengaruh Yuanqi akan berubah menjadi Zhengqi, yaitu Qi sejati yang akan beredar ke seluruh tubuh.

Sirkulasi Zhengqi mulai dari Paru mengikuti siklus lima unsur ke Ginjal, Hati, Jantung dan Limpa. Aliran Zhengqi yang memasuki organ ini akan ditahan oleh organ yang bersangkutan untuk fungsi organ tersebut.
Sebagian lagi akan menuju ke permukaan tubuh / Kulit untuk pertahanan luar dan sebagian lainnya beredar di dalam sistem meridian. Sisanya melanjutkan ke organ Yin berikutnya.

4. WEIQI / QI PERTAHANAN
Weiqi juga diturunkan dari Qi sari makanan, tetapi beredar di luar pembuluh darah.
Fungsinya ialah:

? melindungi permukaan otot,
? mempertahankan tubuh terhadap faktor patogen yang berasal dari luar,
? mengontrol pembukaan dan penutupan pori,
? melembabkan kulit dan rambut, mengatur suhu tubuh serta
? menghangatkan organ Zang fu.

Qi meridian yang berasal dari Yuanqi, dan Zhengqi? beredar di sistim meridian, merupakan kombinasi Qi yang berasal dari Zhongqi dan Qi esensial yang disimpan di Ginjal. Dengan demikian Qi Meridian merupakan ZhengQi atau Qi vital yang mengalir di meridian. Maka Qi vital juga disebut Qi meridian.

Dilihat dari fungsi dasar meridian, Qi meridian sangat berpengaruh terhadap fungsi Qi, darah, dan organ Zang fu diseluruh tubuh.

FUNGSI QI
Qi, Xue dan cairan tubuh merupakan substansi dasar yang memeli¬hara aktivitas vital normal tubuh manusia, yang berarti juga merupakan materi dasar yang diperlukan untuk fungsi fisiologi organ, jaringan dan meridian zang fu.

Qi, Menurut filsafat Cina Kuno, Qi merupakan substansi dasar yang menyusun jagat raya dan semua fenomena alam yang terjadi oleh perubahan dan pengerahan Qi. Pandangan ini sangat berpengaruh terhadap teori kedokteran Cina Tradisional.

Kata ”Qi” dalam ilmu kedokteran Cina Tradisional mempunyai arti substansi esensial tubuh manusia yang memelihara aktivitas vital dan aktivitas fungsional organ Zang Fu dan jaringan. Subtansi esensial ialah dasar aktivitas fungsional yang berma¬nifestasi dalam fungsi organ Zang Fu. Semua aktivitas vital tubuh manusia diterangkan dengan perubahan dan pengerahan Qi.

Qi bekerja meluas diseluruh tubuh, melebur ke seluruh bagian tubuh, tidak ada tempat di tubuh yang tidak dilewati (ditempuh) Qi. Bila gerakan Qi berhenti, aktivitas vital tubuh juga akan berhenti. Tersedianya Qi dalam jumlah yang cukup merupakan syarat mutlak untuk tubuh yang sehat, sedangkan kurangnya persediaan Qi akan menimbulkan penyakit. Jadi Qi merupakan akar kehidupan. Tanpa adanya akar maka batang dan daun akan layu.

Qi yang beredar dan tersebar ke seluruh tubuh melalui berbagai jalan akan berfungsi secara karakteristik antara lain :
a. Fungsi penggiatan tubuh/Penunjang
Tubuh dan berkembangnya tubuh manusia, aktivitas fisiologi Zang Fu dan meridian, peredaran darah dan tersebarnya cairan tubuh, semuanya itu bergantung kepada efek penggiatan dan perangsangan Qi. Kekurangan (defisiensi) Qi akan mengganggu fungsi penggia¬tan itu. Fungsi penggiatan itu, dapat menimbulkan perubahan yang bersifat patologi seperti misalnya pertumbuhan dan perkem¬bangan yang terhambat. Hipofungsi organ Zang Fu dan meridian, terganggunya peredaran darah, disfungsi dalam perubahan dan distribusi cairan tubuh, serta pembentukan lendir dalam tubuh.

b. Fungsi Pemanasan/Penghangatan
Suhu normal tubuh dipelihara dan diatur oleh Qi. Dengan demikian Qi mendominasi pemanasan. Kekurangan Qi akan mengganggu proses pemanasan, menghambat mendinginnya suhu tubuh dan rasa dingin pada keempat anggota tubuh.

c. Fungsi pertahanan tubuh.
Qi mempertahankan permukaan tubuh terhadap faktor patogen yang berasal dari luar. Adanya Qi antipatogenik di dalam tubuh mencegah masuknya faktor penyakit. Qi juga menyerang faktor patogen begitu penyakit timbul, dan mendorong penyembuhan penyakit dengan menyingkirkan faktor patogen.

d. Fungsi Pemantauan/Pengawasan
Qi memantau, mengendalikan dan mengatur Substansi tubuh tertentu dan hasil metabolisme molekulnya. Qi mengontrol darah dengan tetap menjaga supaya darah mengalir dalam pembuluh, dan mengatur pengeluaran keringat, kemih, dan air mani. Bila fungsi memantau ini terganggu, akan terjadi banyak pengeluaran keringat, inkontinensia kemih, ejakulasi dini, dan spermatorea.

e. Fungsi Nutrisi
Fungsi ini mengacu pada Yingqi/Qi Nutrient, substansi nutrisi yang terbentuk dari makanan. Yingqi yang beredar dalam pembuluh darah merupakan sebagian dari darah dan memberi makan pada seluruh bagian tubuh. Meskipun kedua fungsi Qi ini berbeda, mereka bekerja sama dan saling mendukung.

f. Fungsi Pengaktifan Qi
Fungsi ini mempunyai dua maksud,
Pertama : Mengacu pada proses tranformasi yang menguntung¬kan antara sari makanan oleh Qi menjadi darah dan cairan tubuh.

Kedua : Fungsi ini merupakan keaktifan fungsional ter¬tentu organ Zang Fu. Dalam buku Su Wen disebut¬kan Kandung Kemih menyimpan cairan yang kemudian dieskresi oleh aktivitas Qi. Aktivitas Qi disini mengacu kepada fungsi Kandung Kemih yang menge¬luarkan kemih.

Demikian kajian mengenai Qi. Semoga memperkaya khasanah keilmuan bekam kita. wallahu’alam.

Best regards,

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *