RAIHAN, WANGI & BERKHASIAT

RAIHAN, WANGI & BERKHASIAT

Raihan???? Bukan nama orang apalagi grup nasyid lho.. Raihan atau yang lebih di kenal dengan daun kemangi adalah tumbuhan yang di ciptakan ALLOH dengan bau harum & wangi. Orang barat menyebutnya dengan ais. Sedangkan orang-orang Iraq dan Syam menyebutnya Habaq.

Kata Raihan banyak disebut dalam firman ALLOH diantaranya dalam surat Al-Waqi’ah:88-89 yang artinya “Adapun jika dia (orang yang mati) termasuk di dekatkan (kepada ALLOH) maka dia memperoleh rizqi dan wewangian serta jannah kenikmatan”. Daun Raihan memiliki karakter dingin pada tingkat pertama dan kering pada tingkat kedua, selain itu mempunyai komposisi energi yang saling berlawanan meskipun yang lebih dominan adalah unsur bumi yang dingin.

    Melalui tulisan Ibnu Qoyyim Al-Jauziyah, daun kemangi atau ais mempunyai banyak khasiat yang diolah dengan cara:

  • Apabila dihirup baunya dapat mencegah timbulnya uap panas dan lembab dalam tubuh, menenangkan detak jantung & menimbulkan kegembiraan dan mencegah wabah penyakit
  • Bila di campur kedalam makanan atau ditumbuk daunnya lalu digigit setelah dicampur dengan cuka dapat mengempeskan pembengkakan,dan apabila dibalurkan di kepala dapat memberhentikan mimisan.
  • Dikeringkan lalu di tumbuk dan di taburkan diatas koreng yang basah akan berkhasiat sekali, bisa juga untuk mengobati jerawat dan menghisap bau busuk pada ketiak.
  • Dimasak, kemudian seseorang duduk di atasnya dapat mengobati penyakit ambeien & hernia serta tulang rapuh.Sedangkan air perasannya bila disiramkan ke tulang yang patah & belum di tumbuhi daging baru akan banyak membantu untuk memulihkannya bisa juga untuk mencegah rambut rontok & menghitamkan rambut.
  • Ditumbuk, ditambahkan sedikit air, lalu dicampur dengan minyak zaitun / vaseline/minyak mawar dan di balutkan bisa mengatasi luka basah, kesemutan, kulit terbakar, bawasir dan ruam.
  • Sedangkan biji kemangi sendiri bermanfaat untuk menghentikan pendarahan pada dada dan paru-paru, juga berkhasiat membersihkan lambung.
  • Manfaat lainnya memperlancar air seni, mengobati luka pada kandung kencing, mengobati gigitan laba-laba berbisa, dan sengatan kalajengking. Akan tetapi jangan menggunakan kayu atau akarnya untuk membersihkan kotoran gigi karena sangat berbahaya.

Berbeda dengan daun kemangi jenis persia yang disebut habaq, yang mempunyai unsur panas.Bila dihirup uapnya bisa menghilangkan pusing karena demam.Bijinya dapat menghentikan diare, meredakan perut mules, memperkuat jantung, serta mengobati berbagai penykit karena unsur hitam.

Maha Besar Alloh dengan segala yang DIA ciptakan. Padahal, sebelumnya kita hanya mengenal daun kemangi sebagai daun yang dijadikan sebagai lalapan. Subhanallah…. (asma, Ash Shihah Crew)

Maroji’: Ibnu Qoyyim Al-Jauziyah-Metode Pengobatan Nabi

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh Bantuan? Silahkan hubungi kami