Sambiloto Si Pahit yang Kaya Khasiat

Yarobbi.com | Ilmu Herbal Sinergi | Sambiloto Si Pahit yang Kaya Khasiat

(Seri Materia Medika bag. 4)

Sambiloto Si Pahit yang Kaya KhasiatSambiloto (Andrographis paniculata), adalah sejenis tanaman herba dari famili Acanthaceae, yang berasal dari India dan Sri Lanka. Sambiloto juga dapat dijumpai di daerah lainnya, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, serta beberapa tempat di benua Amerika.
Genus Andrographis memiliki 28 spesies herba, namun hanya sedikit yang berkhasiat medis, salah satunya adalah Andrographis paniculata (sambiloto).
Secara kedokteran timur ia sering disebut dengan nama Chuan Xin Lian yang masuk dalam kelompok herbal pereda panas dan detoksifikasi.
Herba ini berupa daun, ranting dan batang yang dipanen pada musim panas dan gugur. Setelah dibersihkan, dijemur hingga kering dibawah matahari. Batangnya yang panjang dipotong saat mau digunakan cukup diseduh atau direbus.

Sambiloto Si Pahit yang Kaya Khasiat

SIFAT KIMIAWI DAN EFEK FARMAKOLOGIS: Herba ini rasanya pahit, dingin, masuk meridian paru, lambung, usus besar dan usus kecil. Rasa yang pahit biasanya berfungsi sebagai penurun panas, mengeringkan lembab dan pengeluar toksik serta melancarkan BAB

Sambiloto Si Pahit yang Kaya Khasiat

KANDUNGAN KIMIA: Daun dan percabangannya mengandung laktone yang terdiri dari deoksiandrografolid, andrografolid (zat pahit), neoandrografolid, 14-deoksi-11-12-didehidroandrografolid, dan homoandrografolid. Juga terdapat flavonoid, alkane, keton, aldehid, mineral (kalium, kalsium, natrium), asam kersik, dan damar. Flavotioid diisolasi terbanyak dari akar, yaitu polimetoksiflavon, andrografin, pan.ikulin, mono-0-metilwithin, dan apigenin-7,4- dimetileter. Zat aktif andrografolid terbukti berkhasiat sebagai hepatoprotektbr (melindungi sel hati dari zat toksik).
Herba sambiloto ini berkhasiat secara medis seperti di bawah ini dengan dikombinasikan dengan herbal yang lain:

  • hepatitis, infeksi saluran empedu –> dikombinasikan dengan JOMBANG / Taracacum Officinale, TEMULAWAK, MENIRAN dan RUMPUT MUTIARA
  • disentri basiler, tifoid, diare, influenza, radang amandel (tonsilitis) –> dikombinasikan dengan PATIKAN KEBO dan MENIRAN
  • abses paru, radang paru (pneumonia), radang saluran napas (bronkhitis), radang ginjal akut (pielonefritis akut) –> RUMPUT MUTIARA dan JOMBANG
  • Pada radang saluran kemih bisa dikombinasikan dengan ALANG ALANG dan TAPAK LIMAN

Secara pengalaman kata kuncinya secara pengobatan timur ia akan mengeluarkan toksik dari dalam tubuh, yang secara kedokteran barat istilah itu banyak dijumpai dengan adanya proses peradangan. Dalam kehidupan didunia pengobatan ia sering dipakai sebagi bahan campuran minyak herbal yang bergungsi untuk mendinginkan permukaan tubuh.
Dalam menggunakan herbal ini jangan terlampau banyak karena dengan sifat yang dingin ia akan mengkonsumsi Yang Qi yang ditandai dengan rasa mual dan pengen muntah diserati tubuh yang merasa kedinginan di anggota gerak.

Sambiloto Si Pahit yang Kaya Khasiat

Dosis rebusan:
2-3 qian / 6-9 gram simplisia kering.

Kontra indikasi :
Pada kasus infeksi apapun yang dijumpai sindrom Yang Xu atau Qi xu

Maroji :
Ilmu material medika TCM
http://www.iptek.net.id/ind/pd_tanobat/view.php?id=152
http://www.apoteker.info/Pojok%20Herbal/khasiat_medis_sambiloto.htm
Herba Sinshe jilid 1

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *