Sehat tanpa rokok

Yarobbi.com | Bulletin Ash Shihah | Sehat tanpa rokok

Sehat tanpa rokokSehat tanpa rokok, Kebiasan merokok di masyarakat kita sudah menjadi kebiasaan yang dianggap biasa, mungkin karena begitu banyaknya para perokok atau juga karena begitu banyaknya aktivitas merokok yang biasa kita jumpai disekitar kita sehingga merokok menjadi hal yang lumrah dan biasa saja. Dari kalangan pengusaha sampai karyawan dan buruhnya, dari mulai pejabat sampai rakyat jelatanya, dari kalangan intelektual sampai kalangan orang awamnya, dan dari kalangan tokoh agama sampai umatnya, bahkan dari karyawan rumah sakit, para medis dan dokternya, mereka tidak lepas dari kebiasaan merokok. Lihat lah orang-orang yang ada disekitar kita, keluarga dan teman-teman kita, tetangga dan relasi kita, banyak diantara mereka adalah perokok maka begitu akrabnya kita dengan dunia rokok.padahal adakah manfaat yang didapat dari merokok baik untuk jasmani maupun ruhani kita ???

Sehat tanpa rokok

Sehat tanpa rokok, Alloh robb semesta alam Maha berkehendak  mensucikan manusia dari setiap kebusukan maksiat dan perbuatan dosa, maka dia melarang manusia atas setiap perbuatan keji dan buruk yang dapat merusak hati seorang hamba dan mematikan cahayanya dan agar menghiasinya dengan akhlak mulia dan budi perkerti luhur serta pergaulan yang baik untuk membentuk pribadi muslim yang sempurna. Maka dari itu dia menghalalkan setiap sesuatu yang baik dan mengharamkan setiap yang keji, baik makanan, minuman, pakaian, pernikahan dan lainnya.

Sehat tanpa rokok

Madhorotnya merokok

  • Sehat tanpa rokok, Rokok adalah sesuatu yang buruk  (khabits)
    Merokok, bagi pelakunya mempunyai dampak berbahaya bagi fisiknya dan bagi orang lain di sekelilinganya akan mendatangkan asap dan bau yang tidak sedap. Secara medis jelas rokok membawa dampak berbahaya bagi pelakunya bahkan orang yang berada disekitarnya, Tidak sedikit Perokok aktif yang mengidap banyak penyakit berbahaya mulai PPOM (Penyakit Paru Obstruktif Menahun),PJK (Penyakit jantung Koroner), Stroke, Impotensi, Menopause Dini bahkan infertilitas. Bahkan tidak jarang kita melihat gigi yang jelek pada perokok aktif.
    Sehat tanpa rokok, Selain penyakit di atas, ada pula beberapa efek rokok terhadap tubuh yang jarang dipublikasikan, seperti menurunkan sistem kekebalan tubuh hingga mengakibatkan kerontokan rambut, gangguan katarak pada mata, kulit cepat keriput, kehilangan pendengaran dini, menimbulkan kerusakan gigi, lebih mudah terkena osteoporosis, mengurangi jumlah dan kelainan bentuk sperma, serta lebih berkemungkinan terkena kanker. Seorang pecandu yang berhenti merokok dua hari berturut-turut, kemampuan untuk mengecap dan menghirup akan membaik. Kalau berhenti merokok dua sampai 12 minggu, sirkulasi darahnya membaik. Orang yang terus berhenti merokok tiga sampai sembilan bulan, batuk dan gangguan pernapasannya akan menghilang. Bahkan dibungkus rokok itu sendiri telah tertulis “MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER,SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI, GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN”.
    Sehat tanpa rokok, Menimbulkan kecanduan yang merusak akal sebagaimana barang yang memabukkan padahal setiap yang berpotensi memabukkan (muskir) itu hukumnya haram. Memabukkan di sini maksudnya segala sesuatu yang dapat menutup dan meracuni akal, meskipun hanya sebatas tidak ingat terutama bagi pemula. Kandungan nikotin yang pada hakekatnya adalah obat anti depresi memang membawa efek ketagihan pada perokok, sehingga menjadi gerbang terjerumus pada narkoba bagi pelakunya. Dari uraian diatas sudah jelas merokok adalah perbuatan buruk (khabits).
  • Sehat tanpa rokok, Merokok mengganggu orang lain
    Orang orang yang berada disekitar perokok pun akan menikmati dampak buruknya rokok. Perokok pasif tinggal menikmati asap yang mengandung komponen karbon monoksida, amoniak, asam hidrosianat, nitrogen oksida, dan formaldehid. Partikelnya berupa tar, indol, nikotin, karbarzol, dan kresol. Zat-zat ini beracun, mengiritasi, dan menimbulkan kanker (karsinogen). Tidak jarang kita dengar anak kecil yang terkena radang paru paru (bronchitis) dikarenakan ayahnya seorang perokok berat, sehingga si anak menikmati asap rokok si bapak dalam keseharian hidupnya.
    Alasan diataslah mungkin yang mendasari pengelola tempat layanan umum menulisi dindingnya dengan kalimat “DILARANG MEROKOK”.
  • Merokok adalah pemborosan harta
    Pernahkah anda melihat orang yang membakar uang, mungkin anda akan mengira orang yang membakar uang itu adalah orang gila. Betapa sulitnya hari ini mengumpulkan uang rupiah demi mencukupi kebutuhan rumah tangga dan anak sekolah. Namun berapa banyak orang yang menyalakan rokoknya setiap saat. Bukankah menyalakan rokok sama dengan membakar uang, karena merokok tidak ada manfaat kebaikan yang dapat kita ambil di dalamnya. Semakin tragis ketika yang kita lihat merokok adalah para tukang becak dan kaum dhuáfa. Makan saja susah malah uangnya buat beli rokok.

Sehat tanpa rokok

Sehat tanpa rokok, Pandangan tentang rokok herbal
Sehat tanpa rokok, Rokok herbal konon dikabarkan terbuat dari bahan daun sirih, kayu siwak, dan madu. Dari berbagai penelitian menunjukan hasil pembakaran bahan herbal yang terkandung pada rokok herbal tersebut mengandung nikotin hampir 0 % ada yang 0,3 atau 0,5 %. Sedangkan kandungan tar nya masih cukup tinggi 6 sampai 8 %. Adapaun kadar tar yang tinggi dianggap dapat digunakan sebagai aroma terapi. Namun pemaparan diatas masih perlu pengkajian lebih lanjut. Untuk mengindari efek buruk perokok dengan cara mengganti rokoknya dengan rokok herbal menuju terlepasnya dari kebiasaaan merokok adalah suatu perbuatan menuju kebaikan. Namun hukum dari menggunakan rokok herbal masih perlu pendapat dari para ahli dan ulama sebagai rambu-rambu dalam beramal.  Masih lebih bagus tanpa merokok dari pada menggunakan rokok herbal karena sama-sama tidak mendapatkan kebaikan di dalamnya.
Terakhir, kita harus tegas terhadap diri dan jiwa kita ketika telah jelas kebenaran bahwa hukum rokok adalah haram. Kita harus segera mengikuti kebenaran tersebut bukan malah mengikuti hawa nafsu dan banyak berdalih. Bila kebenaran bahwa hukum rokok adalah haram dalam diri seorang mukmin, tentunya akan mudah baginya untuk meninggalkan rokok dan apa saja demi mencari keridhoan Alloh. Lihatlah para sahabat rodhiyallohu ’anhum dahulunya adalah pecandu miniman keras. Namun ketika turun ayat yang mengharamkan minuman keras, mereka langsung berhenti meminumnya tanpa memberikan berbagai alasan bahwa mereka tidak mampu melakukannya. Semuanya justru berkata: ”Kami berhenti, kami berhenti”.

Maroji’ Sehat tanpa rokok:
Buku Maaf, dilarang MEROKOK oleh Thalal bin Sa’ad Al ‘Utaibi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *