Seri Formula herbal

Yarobbi.com | Ilmu Herbal Sinergi |Seri Formula herbal Bag.1

LI ZHONG WAN

Gan Jiang(rhizome Zingiberis officinalis)…9g
Ren Shen (radix ginseng)…9g
Bai Zhu (rhizome atractrylodis macrocephalae)…9g
Zhi Gan Cao (honey fried radix glycyrrhizae uralensis)…9g

Seri Formula herbalIndikasi formula ini adalah untuk menghangatkan  daerah Zhong jiao/ruang tengah. Pasien yang cocok dengan formula ini adalah pasien yang sering merasakan mual, muntah, tidak nafsu makan, perut terasa dingin, rasa dingin dan lemah secara umum. Biasanya pasien dengan defisensi Yang pada limpa ini akan memberikan gambaran lidah pucat dengan selaput tipis atau tebal dengan bentuk gemuk dan bercetak gigi. Nadi akan teraba dalam dan lemah.
Menurut literatur yang ada formula ini hanya dipakai jika adanya lemahnya Yang tubuh khususnya Yang xu limpa lambung. Formula ini kurang bermakna untuk mengatasi lembab yang ada dilimpa dan lambung. Li zhong cenderung untuk mengahangatkan limpa lambung.
Formula lain yang merupakan kombinasi dari li zhong wan adalah Fu zi lizhong wan yang terdiri dari bahan yang sama dengan penambahan Fuzi 5 gr.

Seri Formula herbal

Bagaimana dengan herbal Indonesia, adakah yang bisa menggantikan formula ini?
Herbal Indonesia yang bisa masuk adalah yang sifatnya hangat dan menambah Qi limpa. Menurut penulis  kombinasi dari: Jahe yang dikeringkan, biji kapulaga, lempuyang, kedawung, lengkuas dan kayu manis serta ditambahkan madu saat meminumnya. Waallohu A’lam

Seri Formula herbal

Seri Formula herbal, Untuk tindakan terapi yang mendukung supaya sinergi menaikkan Yang apa?
Terapi tindakan yang kita pilih adalah terapi yang menaikkan Yang. Yaitu dengan moksibusi pada titik Ren 12, ren 6, ren 4, st 36 dan sp 6.

Yang limpa lambung secara medis kemungkinan diagnosanya apa saja?
Ketika kita melihat kasus yang bisa ditangani dengan formula ini adalah penyakit dengan diagnose medis modern seperti : gastritis, dyspepsia, hernia atau ambeien dengan penambahan gejala mula, tidak nafsu makan, muntah, perut terasa dingin, anggota gerak dingin, cenderung BAB lembek atau diare, dll.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *