TEORI PENYEBAB PENYAKIT IV — Faktor Musibah dan Faktor Turunan

FAKTOR MUSIBAH
Luka traumatic dan gigitan serangga atau binatang merupakan musibah yang dapat terjadi tanpa disengaja. Luka traumatic meliputi tembakan senapan, teriris, kontusio, tersiram air panas, terbakar, dan kontraktur atau terkilir tiba-tiba karena membawa beban berat. Hal-hal ini dapat berakibat pembengkakan dan nyeri otot, stagnasi darah, perdarahan, luka pada tendon, patah tulang, dislokasi sendi dan sebagainya. Serangan Qi patogen eksogen ke daerah yang terkena, perdarahan berat, atau luka pada organ dalam dapat menimbulkan koma atau konvulsi.

Gigitan serangga atau binatang termasuk gigitan ular berbisa, binatang buas dan anjing gila dapat berakibat perdarahan, nyeri dan luka kulit pada kasus ringan, atau keracunan bahakan kematian pada kasus berat.

FAKTOR TURUNAN
Kualitas Jing Qi bawaan dari orang tua membawa kelainan bawaan kepada anaknya. Orang tua dengan kelainan fungsi organ dalam dapat menurunkan kelainan tersebut kepada anaknya, seperti pada penderita gangguan penglihatan dan lain-lain. Penderitaan penyakit-penyakit degeneratif yang muncul sebelum usia 7 tahun umumnya karena faktor bawaan.

Author is dr Achmad Ali Ridho Akp
more artikel about bekam? main aja ke yarobbi.com

Simak juga:
TEORI PENYEBAB PENYAKIT I — Pathogen Eksterna (PPL)
TEORI PENYEBAB PENYAKIT II — Tujuh Faktor Emosi (PPD )
TEORI PENYEBAB PENYAKIT III — Faktor Perilaku

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *