Tin: Fruit From Paradise

Yarobbi.com | Bulletin Ash-shihah | Tin: Fruit From Paradise

Tin: Fruit From Paradise“Demi (buah) tin dan (buah) zaitun, dan demi bukit Sinai.” (At-tin 1-2). Salah satu ayat dari Al-Qur’an surat at-Tin. Apa sebenarnya yang terkandung di dalam buah ini sehingga Allah membuat catatan khusus. Lantas apa kandungan nutrisi terkandung serta manfaatnya?

Tin: Fruit From Paradise

Asal-Usul Buah Tin
Buah tin memiliki beberapa nama, Fig dalam bahasa Inggris, Figue (Bahasa Perancis); Feige (Jerman), Higo (Spanyol), Fico (Italian), Figu (Austrian), dan Figo (Portugis). Buah tin (ficus carica) dipercaya sebagai fruit from paradise, buah suci dari taman surgawi. Bukan tanpa alasan, selain rasanya yang segar dan lezat, buah ini juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Banyak orang Indonesia yang mungkin sudah makan buah ini tapi karena di luar negeri kita mengenalnya dengan nama Fig / Figue / Feige / Higo / figu / Figo / Fico sehingga kita tidak tau bahwa itulah buah yang sudah kenal di dalam Al-Qur’an. Bagi yang sudah pernah ke tanah suci mungkin sangat kenal buah ini karena minyak dari buah tin biasa dimanfaatkan oleh para jemaah haji sebagai pelindung kulit dari sengatan hawa dingin dan panas.

Tin: Fruit From Paradise

Manfaat buah ini juga disebutkan dalam hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Abu Darda ra. Dalam hadist tersebut dikisahkan rasulullah diberi buah tin dan memakannya. Kemudian rasulullah bersabda, ”Jika engkau berkata, ada buah yang diturunkan dari surga, maka aku bisa katakan, inilah buahnya, karena sesungguhnya buahnya tanpa biji. Oleh karena itu, makanlah, karena buah tin ini dapat menyembuhkan wasir dan encok.” Literatur sejarah mencatat kalau buah tin berasal dari arab dan sudah ada semenjak 4000 tahun sebelum masehi. Sekarang pohon tin telah banyak tumbuh dan dibudidayakan secara modern di Negara-negara timur tengah, daerah mediterania bahkan di Indonesia. Buah tin muda berwana kehijauan. Seiring dengan matangnya buah, warna kulit akan berubah menjadi ungu kehitaman atau kekuningan sesuai varietasnya. Buah muda biasanya dikonsumsi sebagai olahan sayur, dimasak dengan aneka daging atau campuran selada. Jika sudah tua dan matang sangat lezat dikonsumsi sebagai buah meja. Rasanya seperti apa ? Enak gak ? Makannya gimana ? Banyak orang yang mengatakan waktu pertama kali makan tidak begitu suka, tetapi sekarang ada beraa kilo juga bisa abis sendiri. Buah ini mungkin termasuk buah yg you just love it or hate it. Rasanya manis, lembut di mulut, bisa dimakan dengan kulitnya tetapi tinggalkan pangkalnya yang biasa berupa takai kecil.

Tin: Fruit From Paradise

Manfaat Buah Tin
Berdasarkan penelitian California Figs Nutritional Information, buah tin mengandung serat yang sangat tinggi. Setiap 100g buah tin kering terkandung 12.2g serat sedangkan apel hanya mengandung 2.0g serat dan jeruk 1.9g. Serat juga memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga cocok bagi orang yang sedang menjalani diet atau puasa. Kandungan gula buah juga tinggi, dicerna sedikit demi sedikit di dalam tubuh karena berupa gula buah yang komplek. Cocok dikonsumsi sebagai hidangan menu buka atau santap sahur untuk mengembalikan energy setelah seharian puasa atau menambah energi selama puasa.

Tin: Fruit From Paradise

Buah tin mengandung antioksidan yang dapat mengikat senyawa karsinogen penyebab kanker. Tin juga mengandung asam lemak tak henuh yang dibutuhkan bagi kesehatan, diantaranya omega-3 dan omega-6. Lemak ini terbukti berperan dalam pencegahan penyakit jantung koroner. Kelebihan yang lain, buah tin rendah lemak, rendah sodium rendah kalori dan bebas kolesterol sehingga sangat cocok dikonsumsi pada penderita diabetes mellitus.

Tin: Fruit From Paradise

Keistimewaan buah ini tidak berhenti sampai di situ. Dan beragam vitamin dan mineral bermangaat terkandung di dalamnya. Setiap 100g buah tin mengandung vitamin A sebanyak 9.76 IU, vitamin C 0.68mg, kalsium 133.0mg dan zat besi 3.07mg serta kalium. Kalium adalah mineral yang yang bersifat diuretic sehingga membantu mengeluarkan garam dari dalam tubuh. Vitamin dan mineral ini sangat diperlukan untuk menjaga dan memelihara kesehatan organ tubuh kita. Sungguh buah yang kaya manfaat. Subhanallah..

Tin: Fruit From Paradise

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *