Trio Herbal Tipikal Dingin| HERBAL SINERGI

Penggunaan herbal yang sifatnya dingin seperti pegagan, akar alang alang, daun dewa pada penderita stroke dengan panas ekses sangat bagus. Banyak laporan herbalis yang membuktikan kemujaraban daun dewa sebagai pembersih pembuluh darah dari sumbatan sumbatan yang ada di dalamnya.

Selain itu daun dewa sebagai herba yang cukup bagus untuk menutup dan memperbaiki luka. Herba ini terakhir saya gunakan pada orang yang punya bisul dengan luka kotor dan bernanah. Penderita itu bi idznillah sembuh dengan minum daun dewa selama 1 bulan dengan luka yang semula membentuk cekungan dan akhirnya rata dan tertutup kembali.

Dari sifatnya daun dewa termasuk herbal dengan sifat dingin. Daunnya banyak digunakan untuk keluhan keluhan yang terkait dengan pembuluh darah. Umbinya sering digunakan untuk penngobatan pada kanker dan tumor.

Daun dewa juga bisa digunakan untuk menghentikan perdarahan tipe panas. Maksudnya orang yang menderita perdarahan karena unsure panas yang berlebih sehingga timbullah gejolak. Akhirnya karena pembuluh darah tidak kuat ia akan pecah dan keluar dari pembuluh darah.

Daun dewa biasa saya kombinasi dengan pegagan, karena ia juga bagus untuk revitalisasi pembuluh darah. Pegagan herbal yang sifatnya juga dingin, sebagai tonik otak karena bentuk daunnya yang seperti ginjal. Ginjal adalah organ yang menguasai otak menurut kedokteran timur.

Secara pengalaman pegagan sangat bagus digunakan untuk berbagai kesemutan karena stagnasi qi xue karena factor panas. Ia juga biasa digunakan untuk kasus asma karena terserang angin panas atau lembab panas. Ia juga dikenal untuk detoksifikasi liver.

Dalam kasus hipertensi dengan panas ekses maka biasa kita kombinasikan dengan alang alang sebagai diuretic untuk mengeluarkan panas yang berlebih.

TENTANG KHASIAT KE TIGA HERBAL:

  1. DAUN DEWA / Gynura segetum: untuk stroke bisa dikombinasi dengan pegagn dan alang alang atau daunsendok. Untuk batuk darah dapat dikombinasi dengan daun saga dan patikan kebo, untuk muntah darah karena api lambung dapat dikombinasikan dengan alang alang dan gamat,untuk  kesemutan dapat dikombinasi dengan pegagan, pembersih pembuluh darah dapat dikombinasikan dengan alang alang dan temulawak, penyembuh luka dapat dikombinasikan dengan binahong atau herbal yang lainnya.
  2. ALANG ALANG / Imperata cylindrical : sangat  bagus untuk memperlancar kencing/ diuretic dapat dikombinasi dengan daun sendok dan kumis kucing, kencing berdarah dapat dikombinasi dengan sambiloto dan meniran, untuk kencing bernanah dapat dikombinasikan dengan sambiloto, meniran dan rumput mutiara, untuk batu ginjal dapat dikombinasi dengan tempuyung, kumis kucing dan keji beling.

    Lambung berdarah dapat dikombinasikan dengan gamat dan fungsi yang lain seperti pengeluar unsure panas yang ada di darah. Pengeluar unsure panas ini terkenal dengan alang alang sebagai antipiretik.

  3. PEGAGAN / Centella asiatica: kesemutan, tonik ginjal, kecerdasan, pendingin liver, revitalisasi pembuluh darah, melancarkan peredaran darah dan lain sebagainya.

Ketiga herbal ini bisa dikombinasikan tergantung kebutuhan. Atau disinergikan dengan herbal yang lainnya.

Intinya dengan sinergi herbalnya membuat kekuatan semakin baik dan potensinya semakin besar. Atau sinergikan dengan terapi yang lain misalnya bekam atau akupuntur untuk menunjang dan menguatkan terapi terhadap pasien.

Catatan:

Di dalam menggunakan herbal yang sifatnya dingin jangan terlalu lama penggunaannya karena akan mengkonsumsi Yang. Saat memberikan terapi herbal perhatikan kondisi keseimbangan tubuh pasien, jika sudah seimbang maka penggunaannya harus dikurangi dosisnya. Secara pengalaman penulis menemukan kasus beberapa kali orang yang lemah energinya karena penggunaan herbal dingin yang terlalu lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *