Waspadai Mioma Sejak Dini

Yarobbi.com| Bulletin Ash-Shihah | Waspadai Mioma Sejak Dini

Waspadai Mioma Sejak DiniMioma merupakan tumor jinak yang sering terjadi pada organ reproduksi wanita. Mioma ini merupakan pembesaran otot polos rahim dan diisi oleh jaringan ikat. Penyakit ini terjadi pada 20-25% wanita dalam usia produktif dan sering menghantui karena tumbuhnya secara perlahan dan tidak diketahui oleh penderitanya.
Mioma uteri adalah tumor jinak dari miometrium (otot rahim). Berdasarkan letaknya, mioma uteri bisa dibagi menjadi, mioma intramural (di dalam otot rahim), subserosa (di bawah lapisan serous, menonjol ke arah rongga perut), submukosa (menonjol ke arah rongga rahim), intraligaminenter (di dekat ligament dan jaringan penahan rahim), servikalis (di dekat leher rahim)

Waspadai Mioma Sejak Dini

Gejala yang perlu diwaspadai bila terjadi pada diri kita

  1. Nyeri haid hebat dan terus menerus.
  2. Pembesaran di perut. Kadang-kadang, kalau masih kecil, belum teraba. Tapi, semakin besar, akan makin teraba seperti ada benjolan.
  3. Muncul gejala-gejala penekanan akibat pembesaran kista/mioma. Misalnya, ke depan menekan kandung kencing, ke belakang ke rektum. Akibatnya, muncul gangguan buang air besar dan buang air kecil.
  4. Pada mioma uteri, jika ukurannya besar, bisa menekan organ-organ sekitarnya.
  5. Jika kista bertangkai, bisa muncul nyeri perut tiba-tiba, bahkan muntah-muntah akibat tangkai kista yang terpuntir.
  6. Bisa juga membuat luas permukaan endometrium menjadi lebih tebal, sehingga haid jadi lebih banyak. “Ini karena kontraksi rahim berkurang atau terganggu, sehingga perdarahan saat mens lebih banyak.

Komplikasi yang sering dialami penderita mioma yaitu hambatan untuk mendapatkan keturunan. Jika penderita ternyata hamil, mioma akan tumbuh cepat dan mengalami gangguan distribusi darah pada trimester ke-2 atau ke-3. Biasanya penderita akan mengalami nyeri perut dan perut akan terasa menegang. Mereka juga berisiko untuk melahirkan premature. Mioma juga sering menimbulkan pendarahan yang keluar dari vagina, sehingga mengakibatkan anemia. Gangguan lain yang bias dialami adalah gangguan berkemih dan BAB.

Waspadai Mioma Sejak Dini

Penanganan mioma
Bila tumor berukuran kecil dan tidak membesar, cukup dilakukan pemeriksaan rutin setiap 3-6 bulan sekali, pengecilan tumor sementara dengan obat-obatan, mioma memiliki lapisan kapsul yang tegas, dapat dipisahkan/dikupas dari massa tumornya. Jika terjadi komplikasi dan timbul perdarahan, perlu diberikan transfusi darah dan obat penghilang rasa nyeri. Tindakan operasi dilakukan jika tumor membesar dan bila timbul gejala penekanan dan nyeri dan perdarahan yang terus menerus.
Operasi pembedahan: dengan histerektomi (pengangkatan kandungan) jika tidak ada rencana hamil lagi, atau miomektomi (mengangkat miomnya saja) pada usia reproduksi/masih rencana hamil. Namun jika massa tumor terlalu besar atau luas, kadang tidak memungkinkan hanya dilakukan pengangkatan massa tumor, sehingga tetap dilakukan histerektomi.

Dalam TCM mioma diklasifikasikan menjadi beberapa

Stagnasi chi (energi) dan darah Stasis.
Stres emosional atau trauma fisik adalah penyebab paling umum dari stagnasi Chi. Stasis darah dapat disebabkan oleh perdarahan abnormal yang hebat pada saat menstruasi, kehilangan darah selama dan setelah melahirkan, atau aktivitas seksual yang buruk (aktivitas seksual yang berlebihan, atau melakukan seks saat menstruasi). Gejala meliputi: siklus yang tidak teratur dengan perdarahan hebat, perdarahan hanya sedikit tetapi tahan lama, distensi payudara, pembengkakan perut atau nyeri; sensasi tertarik dalam anus, badan lidah berwarna merah gelap dengan titik-titik ungu; dan lidah yang basah-tipis, nadi teraba dalam-tegang, atau tipis berombak. Pada tumor fibroid dirasakan sebagai massa yang lebih tetap (tidak bergerak), atau bergerak pada saat dipalpasi. Maka prinsip terapinya  meredam hati dan mengeliminasi stagnasi, membuang stasis. Cnidium (Chuan Qiong), angelica (Dang Gui), red peony root (Chi Shao), dan corydalis (Yan Hu Suo) adalah ramuan penting untuk tipe ini, dan BlockagEASE (Shao Fu Zhu Yu Tang) adalah formula terkemuka digunakan untuk mengatasi tipe gabungan.

Sindrom kelemahan qi (energi) dan darah stasis
Biasanya ditandai dengan benjolan di uterus, haid maju dengan darah merah terang, dan gumpalan darah, nyeri saat haid didaerah perut bagian bawah, keputihan banyak dengan warna putih dan  tekstur tipis, kelemahan anggota badan, lemas, tidak ada keinginan untuk bicara, lidah merah muda dengan selaput putih tipis, nadi kecil, lemah dan kasar.
Prinsip terapi yaitu menyehatkan qi (energi) menguatkan limpa, menghilangkan stasis dan menghilangkan massa. Herbal yang bisa diminum madu, habatussauda, gingseng, fenugrek untuk menguatkan energi. Temulawak, kunyit untuk melancarkan darah. Stop makanan yang bersifat dingin seperti buah-buahan segar, sayuran seperti sawi, kedelai, kacang panjang, buncis, labu dll. Herba cina  yang bisa dikonsumsi modifikasi Buzhong Yiqi Tang kombinasi dengan Xuefu Zhuyu Tang komposisi 15 g Dangshen, Huangqi 10 g, Baizhu 12 g, Shegma 5 g, Chenpi 15 g, Chishaoyao 15 g, Sanleng 15 g, Zhike 15 g, Kunbu 15 g, Taoren 10 g.

Sindrom gabungan lembab dan stasis
Gejala utama: masa/benjolan di rahim, sesekali nyeri, haid berlebih dengan warna kusam, tekstur tebal dan menggumpal, keputihan berlebih dengan warna putih dan tekstur lengket, rasa mendesak di dada dan hipokondrium, kegemukan, lidah keungguan dengan selaput putih dan mengkilap.
Prinsip terapi : mengatur energi dan membuang lembab, menghilangkan masa, menghancurkan stasis. Maka untuk komsumsi herba yang sifatnya membuang lembab dan membuang stasis.

 Sindrom pengumpalan dingin dan darah stasis
Gejala utama: ada benjolan dalam rahim, menstruasi mundur, haid berlebihan dengan  warna hitam dan menggumpal, nyeri dingin perut bagian bawah, kejang otot, rasa berkurang setelah gumpalan keluar, keputihan banyak dengan warna putih dan tekstur tipis, tungkai dingin, lidah keungguan dengan selaput tipis dan putih, nadi dalam dan tegang. Herbal ramuan Indonesia yang bisa digunakan diantaranya Kayu manis china, jahe, adas dan kapulaga.

 Sindrom kelemahan yin dan hati yang hiperaktif
Gejala utama: benjolan pada rahim, menstruasi terlambat dan sedikit, atau maju darah berlebih dengan warna merah, keputihan sedikit, atau sensasi kering di vagina, mulut kering dan sensasi perih didalam mata, sensasi demam di telapak tangan, telapak kaki dan dada, pipi kemerahan, vertigo, lidah merah keunguan dengan selaput kuning dan tipis, nadi tegang dan kecil.
Prinsip terapi: menyehatkan yin dan darah, membuang stasis dan menghilangkan benjolan. Konsumsi makanan seperti buah-buahan segar, dan pemanambah darah. Pada kasus ini bisa dilakukan bekam kering untuk membuang panas, akupunktur juga dapat membantu dengan memilih titk penambah yin dan meredam panas hati.

Waspadai Mioma Sejak Dini

Wallahua’lam semoga bermanfaat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *